Bantah PHK Massal, Krakatau Steel Kaji Program Pensiun Dini Karyawan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 Juli 2019, 17:41
PHK massal Krakatau Steel
Agung Samosir|KATADATA
Pabrik baja Krakatau Steel.

PT Krakatau Steel (persero) Tbk membantah akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal (PHK) terkait kondisi perusahaan yang sedang mengalami tekanan. Perseroan saat ini menjalankan program restrukturisasi agar kinerja Krakatau Steel dapat kembali sehat dan berdaya saing. 

Salah satu kajian restrukturisasi dalam meningkatkan efisiensi yakni menawarkan pensiun dini terhadap karyawan.  "Sebisa mungkin kami menghindari PHK. Makanya kami perlu kerja keras dan gotong royong untuk itu. Masalah KS kan masalah yang sudah bertahun-tahun," kata Direktur Utama Silmy Karim dihubungi Katadata.co.id, Selasa (2/7).

Silmy memaparkan, KS saat ini sedang melakukan pembenahan organisasi dengan melakukan restrukturisasi. Perusahaan menjalankan berbagai restrukturisasi di antaranya utang, bisnis, dan organisasi. "Restrukturisasi ini bertujuan agar Krakatau Steel lebih efisien dan kompetitif di tengah persaingan industri baja global yang sangat kompetitif," kata Silmy.

(Baca: Benahi Usaha dan Utang, Krakatau Steel Reposisi dan Pangkas Karyawan)

Langkah-langkah restrukturisasi yang dilakukan adalah penjualan aset-aset non core, perampingan organisasi, mencari mitra bisnis strategis, dan spin-off. Perusahaan juga melakukan program cost to profit center atau melepas unit kerja yang semula bersifat cost center yang hanya melayani induk perusahaan (KS), menjadi bagian dari pengembangan bisnis anak perusahaan sehingga bersifat profit center.

Silmy mengatakan, dalam hal menjalankan perampingan organisasi  melibatkan anak-anak usaha KS Group. "Program ini akan membuat unit-unit kerja di internal Krakatau Steel akan lebih optimal sehingga mampu menjalankan bisnis secara efisien dan lebih produktif," katanya.

Sementara anak perusahaan yang mendapat tambahan karyawan dari KS akan dapat mengembangkan bisnisnya untuk mendapatkan pasar dan pendapatan baru dari luar KS Group.

(Baca: Bayar Utang, Krakatau Steel Akan Lepas Anak Usaha hingga Jual Aset)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...