Terancam Sanksi KPPU, Dirut Garuda Mundur dari Komisaris Sriwijaya Air

Happy Fajrian
2 Juli 2019, 17:31
Direktur Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra Mundur dari Komisaris Sriwijaya Air
Katadata
Direktur Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komisaris Utama Sriwijaya Air hari ini, Selasa (2/7).

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk., I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Akshara akhirnya mengundurkan diri dari posisinya di Sriwijaya Air. Demikian juga dengan Direktur Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah serta Direktur Utama Citilink Indonesia (entitas anak Garuda Indonesia) Juliandra Nurtjahyo.

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menduga ketiganya melanggar Pasal 26 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dengan merangkap jabatan di Sriwijaya Air, yakni Ari sebagai komisaris utama, sedangkan Pikri dan Juliandra masing-masing sebagai komisaris.

"Hari ini Selasa (2/7), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra selaku Komisaris Utama PT Sriwijaya Air, Pikri Ilham Kurniansyah dan Juliandra Nurtjahyo selaku Komisaris di PT Sriwijaya Air, secara resmi telah mengajukan pengunduran diri masing-masing dari jabatannya di PT Sriwijaya Air," demikian Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menyampaikan keterangan tertulisnya yang diterima Katadata.co.id.

(Baca: Dirut Garuda Terancam Denda Rp 25 Miliar Terkait Rangkap Jabatan)

Menurut Rosan, surat pengunduran diri tersebut telah dikirimkan ke pemegang saham Sriwijaya Air dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham seri A Dwiwarna. Hal ini sebagai bagian dari pelaksanaan tata kelola organisasi yang baik (GCG), termasuk kepatuhan terhadap prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat dan mengacu pada ketentuan anggaran dasar (AD) yang ada.

PT Sriwijaya Air pun diminta untuk segera menindaklanjuti pengunduran diri tersebut sesuai ketentuan yang berlaku. "Kami menghormati proses pemeriksaan yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) serta akan patuh dan terbuka terhadap hasil rekomendasi yang disampaikan oleh KPPU," kata Rosan.

Selanjutnya, Garuda Indonesia sebagai BUMN dan perusahaan terbuka akan berkomitmen untuk selalu menjalankan prinsip kepatuhan atas peraturan. Garuda juga berorientasi pada tata kelola bisnis yang accountable dengan memastikan fokus penyelerasan kinerja usaha dapat tercapai sesuai prinsip dan koridor aturan persaingan usaha yang sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...