Pasca-Eror Bank Mandiri, LinkAja, OVO, DANA Jamin Saldo Pengguna Aman

Desy Setyowati
23 Juli 2019, 17:43
LinkAja, OVO, dan DANA tanggapi keamanan saldo pengguna.
Katadata/Desy Setyowati
Ilustrasi, salah satu merek minuman menyediakan layanan pembayaran mulai dari Go-Pay, OVO, DANA hingga LinkAja. LinkAja, OVO, dan DANA tanggapi keamanan saldo pengguna.

Beberapa nasabah Bank Mandiri sempat mengeluhkan saldonya bertambah dan ada juga yang berkurang, akhir pekan lalu. Persoalan itu telah ditangani Bank Mandiri. Namun, masyarakat semakin menyoroti keamanan uang yang mereka simpan baik di bank maupun perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran.

Chief Communications Officer (COO) DANA Chrisma Albandjar mengatakan, masyarakat pada umumnya percaya dengan layanan perbankan. Salah satu pendorongnya adalah perbankan diawasi beberapa regulator seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fintech pembayaran pun diawasi oleh BI. “Karena layanan digital, kami harus memastikan konsumen nyaman menggunakan sehari-hari. Jadi kami jamin kalau uangnya hilang kami ganti 100%,” kata dia ditemui Katadata.co.id di kantornya, Jakarta, Selasa (23/7).

(Baca: OJK Minta Bank Mandiri Jelaskan Perubahan Saldo Jutaan Nasabahnya)

DANA akan mengganti saldo pengguna yang hilang, jika kerugian itu disebabkan oleh perusahaan. Dengan syarat, nasabah melaporkan hal itu maksimal 15 hari sejak kejadian dan wajib menyertakan laporan polisi yang sah untuk kasus kehilangan lebih dari Rp 1 juta.

Selain itu, DANA memiliki pusat data dan cadangannya (data recovery) yang berada di Indonesia. Fintech ini juga mengantongi sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS), seperti yang dimiliki Visa dan Mastercard.

Chrisma juga mengatakan, perusahaannya mengadopsi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) guna mempelajari kebiasaan pengguna. Jika ada transaksi yang berbeda dari biasanya, sistem akan menerapkan keamanan ganda seperti harus memasukkan password kembali atau One Time Password (OTP).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...