Pertamina Peroleh Dana Rp 26,3 T untuk Proyek Jambaran Tiung Biru

Image title
3 Agustus 2019, 10:30
Pertamina, jambaran tiung biru
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi, logo PT Pertamina (Persero). Pertamina mendapatkan pendanaan sekitar Rp 26,3 triliun dari 12 bank untuk pendanaan proyek Jambaran Tiung Biru (JTB).

Pertamina EP Cepu (PEPC) mendapatkan pendanaan senilai US$ 1,85 miliar atau sekitar Rp 26,3 triliun dari konsorsium 12 bank untuk membiayai Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB). Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, kesepakatan pendanaan ini merupakan salah satu yang terbesar di lingkungan anak Perusahaan Hulu Pertamina.

Sindikasi yang melibatkan 12 bank ini memiliki struktur pembiayaan hybrid yang unik, yaitu menggabungkan pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah di bawah skema trustee borrowing (pinjaman wali amanat). Tiap bagian (tranche), konvensional dan syariah, memberikan fasilitas pembiayaan proyek dengan dua tenor, yaitu 10 dan 15 tahun.

“Kepercayaan sindikasi 12 bank terhadap Pertamina EP Cepu dalam pengelolaan Proyek JTB menunjukkan kredibilitas perusahaan di mata lembaga keuangan internasional. Hal itu dapat menjadi contoh bagi skema pembiayaan proyek lain yang dikelola anak usaha Pertamina,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Jumat (2/8).

Di sisi lain, Direktur Utama Pertamina EP Cepu Jamsaton Nababan menyatakan kemajuan pembangunan proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi JTB dari aspek konstruksi maupun pengeboran cukup bagus. “Kemajuan konstruksi Gas Processing Facilities telah melampaui target di angka 25% atau lebih cepat 1% dari target 24%,” ujar Jamsaton.

(Baca: Pertamina Mulai Bangun Fasilitas Gas di Jambaran Tiung Biru)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...