Digitalisasi UKM, DIVA Akuisisi Startup Layanan Kasir Berbasis Online

Desy Setyowati
6 Agustus 2019, 16:09
Ilustrasi platform Pawoon. DIVA resmi mengakuisisi 30% saham Pawoon.
Instagram/@pawoonpos
Ilustrasi platform Pawoon. DIVA resmi mengakuisisi 30% saham Pawoon.

Anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) resmi membeli 30% saham startup penyedia sistem kasir (point of sale/POS), Pawoon pada pekan lalu (2/8). Lewat aksi korporasi itu, DIVA dapat melengkapi layanannya dalam rangka digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Platform Pawoon dikembangkan oleh PT Alphanovation Digital Teknindo (AAT). Direktur DIVA Dian Kurniadi optimistis, kerja sama dengan AAT dapat mempercepat pengembangan teknologi dan inovasi produk di perusahaannya.

Pada akhir tahun lalu, DIVA dan Pawoon meluncurkan produk smart outlet. “Jumlah pengiriman produk (menggunakan smart outlet) mencapai 900 unit hingga Juli 2019,” kata Dian dalam siaran pers, kemarin (5/8).

(Baca: Startup Digitalisasi UKM, DIVA Beli 30% Saham Pawoon)

Smart outlet merupakan layanan yang menggabungkan teknologi DIVA dengan sistem kasir berbasis komputasi awan (cloud) milik Pawoon. DIVA juga memiliki produk Intelligent Instant Messaging (IIM). Layanan-layanan ini diklaim dapat mendukung pelaku UKM dalam mengelola bisnis.

Alasannya, teknologi bisa mempermudah UKM dalam mengelola operasional bisnis hingga penjualan produk. “Kami bermaksud untuk memanfaatkan keunggulan kompetitif yang melekat pada Pawoon, yang memungkinkan pengembangan yang lebih luas dan lebih cepat,” kata Dian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...