Gandeng Trump Jr, Saham Properti Milik Hary Tanoe Melesat 19%

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Ekarina

14/8/2019, 17.17 WIB

Dalam sepekan terakhir, saham MNC Land naik sekitar 21,97%.

mnc.jpg
KATADATA/
Dalam sepekan terakhir, harga saham MNC Land naik sekitar 21,97%.

Harga saham perusahaan properti milik pengusaha Harry Tanoesoedibjo, PT MNC Land Tbk (KPIG) pada perdagangan hari ini (14/8) ditutup naik 19,26% di level Rp 161 per saham dibanding penutupan kemarin Rp 131 per saham. Kenaikan itu terdorong oleh kabar pre- launching proyek kerja sama MNC Land dengan anak perusahaan keluarga Donald Trump, yang telah digagas sejak September 2015.

Saham MNC Land pada hari ini diperdagangkan dengan volume sebanyak 97,38 juta saham, dengan nilai transaksi sebesar Rp 15,37 miliar dan dengan frekuensi perdagangan sebanyak 23 ribu kali. Meski demikian, investor asing justru diketahui banyak yang melepas saham MNC Land dengan jual bersih (nett sell) senilai Rp 1,75 miliar di pasar reguler maupun di pasar nego.

Dalam sepekan terakhir, saham MNC Land naik sekitar 21,97%, sementara sejak awal tahun sampai saat ini (year to date)  naik 15,83%. Namun demikian, kenaikan cukup mencolok baru terlihat pada awal pekan ini. Yang mana pada perdagangan Senin (12/8) saham anak usaha PT MNC Investama Tbk tersebut naik 1,52% dan dilanjutkan dengan kenaikan hari berikutnya sebesar 0,75%.

(Baca: Datang ke Indonesia, Trump Jr Bertemu Bos MNC dan Resmikan Hotel Mewah)

Adapun pada Selasa kemarin,  putra orang nomor satu Amerika, Donald Trump Jr. bertemu dengan bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo guna menghadiri acara pre-launching  Trump Hotel Collection.

Proyek kerja sama keduanya akan berlokasi di dua tempat, yakni MNC Lido City di Bogor, Jawa Barat. Di dalam kawasan seluas 3.000 hektare ini, perusahaan Trump membangun Trump International Golf Club Lido yakni lapangan golf dengan 18 hole dan Trump International Residences Lido meliputi 180 unit kondominium dan 258 unit vila.

Sedangkan proyek kedua yakni MNC Bali Resort. Meski luas kawasan ini hanya 108 hektare, tapi perusahaan milik presiden AS ini akan mengelola Trump International Resort & Golf Club Bali dan Trump International Residences Bali.

Kedua proyek tersebut, masing-masing diperkirakan menghabiskan dana Rp 7,1 triliun (US$ 500 juta) dan Rp 14,3 triliun (US$1 miliar).

Donald Trump Jr. saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif dari Trump Organization sejak 2017. Dia sudah terlibat di berbagai proyek pembangunan hotel, kondominium, dan kawasan golf.

Tak hanya berbisnis properti, Donald Trump Jr. juga aktif dalam kegiatan politik, seperti menjadi penasihat kampanye ayahnya dan terlibat di sejumlah kampanye anggota Partai Republik.

(Baca: Donald Trump Jr, Penerus Bisnis Properti Trump yang Melirik Indonesia)

Dalam laporan keuangan (tidak diaudit) MNC Land pada semester I 2019 yang dirilis perusahaan, perusahaan tercatat mengantongi laba bersih senilai Rp 313,72 miliar, tumbuh signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 5,69 miliar saja.

Kenaikan laba bersih yang dicatatkan oleh MNC Land tersebut salah satunya dikarenakan perusahaan mengantongi laba revaluasi properti investasi pada semester I 2019 senilai Rp 326,87 miliar. Sementara di periode yang sama tahun lalu, perusahaan sama sekali tak laba revaluasi.

Di sisi lain, naiknya pendapatan bersih perseroan sebesar 19,5% menjadi Rp 528,45 miliar, dari periode yang sama tahun sebelumnya turut menyumbang pertumbuhan laba bersih semester I lalu. 

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN