Gandeng Trump Jr, Saham Properti Milik Hary Tanoe Melesat 19%

Image title
14 Agustus 2019, 17:17
mnc
Arief Kamaludin | KATADATA
Dalam sepekan terakhir, harga saham MNC Land naik sekitar 21,97%.

Harga saham perusahaan properti milik pengusaha Harry Tanoesoedibjo, PT MNC Land Tbk (KPIG) pada perdagangan hari ini (14/8) ditutup naik 19,26% di level Rp 161 per saham dibanding penutupan kemarin Rp 131 per saham. Kenaikan itu terdorong oleh kabar pre- launching proyek kerja sama MNC Land dengan anak perusahaan keluarga Donald Trump, yang telah digagas sejak September 2015.

Saham MNC Land pada hari ini diperdagangkan dengan volume sebanyak 97,38 juta saham, dengan nilai transaksi sebesar Rp 15,37 miliar dan dengan frekuensi perdagangan sebanyak 23 ribu kali. Meski demikian, investor asing justru diketahui banyak yang melepas saham MNC Land dengan jual bersih (nett sell) senilai Rp 1,75 miliar di pasar reguler maupun di pasar nego.

Dalam sepekan terakhir, saham MNC Land naik sekitar 21,97%, sementara sejak awal tahun sampai saat ini (year to date)  naik 15,83%. Namun demikian, kenaikan cukup mencolok baru terlihat pada awal pekan ini. Yang mana pada perdagangan Senin (12/8) saham anak usaha PT MNC Investama Tbk tersebut naik 1,52% dan dilanjutkan dengan kenaikan hari berikutnya sebesar 0,75%.

(Baca: Datang ke Indonesia, Trump Jr Bertemu Bos MNC dan Resmikan Hotel Mewah)

Adapun pada Selasa kemarin,  putra orang nomor satu Amerika, Donald Trump Jr. bertemu dengan bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo guna menghadiri acara pre-launching  Trump Hotel Collection.

Proyek kerja sama keduanya akan berlokasi di dua tempat, yakni MNC Lido City di Bogor, Jawa Barat. Di dalam kawasan seluas 3.000 hektare ini, perusahaan Trump membangun Trump International Golf Club Lido yakni lapangan golf dengan 18 hole dan Trump International Residences Lido meliputi 180 unit kondominium dan 258 unit vila.

Sedangkan proyek kedua yakni MNC Bali Resort. Meski luas kawasan ini hanya 108 hektare, tapi perusahaan milik presiden AS ini akan mengelola Trump International Resort & Golf Club Bali dan Trump International Residences Bali.

Kedua proyek tersebut, masing-masing diperkirakan menghabiskan dana Rp 7,1 triliun (US$ 500 juta) dan Rp 14,3 triliun (US$1 miliar).

Donald Trump Jr. saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif dari Trump Organization sejak 2017. Dia sudah terlibat di berbagai proyek pembangunan hotel, kondominium, dan kawasan golf.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...