Ada Insentif Pajak, Ruangguru Rilis Pelatihan Vokasi Online Akhir 2019

Rizky Alika
19 Agustus 2019, 17:17
ruangguru insentif pajak super vokasi
Ruangguru
Pendiri Ruangguru Belva Devara dan Iman Usman. Ruangguru berencana merilis layanan pelatihan vokasi pada akhir 2019.

Startup di bidang pendidikan berbasis teknologi, Ruangguru akan meluncurkan layanan pelatihan vokasi secara online pada akhir tahun ini. Peluncuran produk baru itu berbarengan dengan langkah pemerintah yang memberikan insentif pajak super terkait pengembangan vokasi dan riset.

Pendiri sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengatakan, perusahaannya masih mengkaji layanan anyar tersebut. "Masih dalam tahap penggodokan di Ruangguru. Nanti diluncurkan Kuartal IV 2019," kata dia kepada Katadata.co.id di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin (19/8).

Belva menjelaskan, pelatihan vokasi secara online itu rencananya tersedia bagi individu. Untuk menyediakan layanan ini, Ruangguru bakal bekerja sama dengan beberapa pihak seperti institusi dan ahli, sesuai bidang yang dibutuhkan.

Namun, dia enggan berkomentar banyak terkait layanan baru tersebut. "Bentuknya nanti dilihat saja. Itu ada di rencana kami," kata Belva.

(Baca: Disebut Akan Disuntik SoftBank, CEO Ruangguru: Sedang Proses Pendanaan)

Sebelumnya, Belva menyampaikan bahwa dirinya terlibat dalam pembahasan terkait insentif pajak super bersama pemerintah. Karena itu, vokasi menjadi salah satu fokus Ruangguru. “Tapi itu tantangannya juga banyak. Karena Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulumnya sudah jelas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya, beberapa waktu lalu (10/7).

Sedangkan pelatihan fokus pada keperluan industri. Untuk itu, Ruangguru berkonsultasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan lainnya. “Supaya kami tahu apa kurikulum yang benar, apa kebutuhan industri,” katanya.

Saat ini, Ruangguru memiliki beragam layanan, baik bussines to costumer (BtoC) maupun business to business (BtoB). BtoC yang gratis yakni ruangbelajar, ruanguji, dan ruangbaca. Sedangkan yang berbayar di antaranya ruangles, ruanglesonline, dan digitalbootcamp.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...