Ada Insentif Pajak, Ruangguru Rilis Pelatihan Vokasi Online Akhir 2019

Penulis: Rizky Alika

Editor: Desy Setyowati

19/8/2019, 17.17 WIB

Pemerintah menerbitkan aturan insentif pajak super berupa pengurangan penghasilan bruto hingga 300%.

ruangguru insentif pajak super vokasi
Ruangguru
Pendiri Ruangguru Belva Devara dan Iman Usman. Ruangguru berencana merilis layanan pelatihan vokasi pada akhir 2019.

Startup di bidang pendidikan berbasis teknologi, Ruangguru akan meluncurkan layanan pelatihan vokasi secara online pada akhir tahun ini. Peluncuran produk baru itu berbarengan dengan langkah pemerintah yang memberikan insentif pajak super terkait pengembangan vokasi dan riset.

Pendiri sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengatakan, perusahaannya masih mengkaji layanan anyar tersebut. "Masih dalam tahap penggodokan di Ruangguru. Nanti diluncurkan Kuartal IV 2019," kata dia kepada Katadata.co.id di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin (19/8).

Belva menjelaskan, pelatihan vokasi secara online itu rencananya tersedia bagi individu. Untuk menyediakan layanan ini, Ruangguru bakal bekerja sama dengan beberapa pihak seperti institusi dan ahli, sesuai bidang yang dibutuhkan.

Namun, dia enggan berkomentar banyak terkait layanan baru tersebut. "Bentuknya nanti dilihat saja. Itu ada di rencana kami," kata Belva.

(Baca: Disebut Akan Disuntik SoftBank, CEO Ruangguru: Sedang Proses Pendanaan)

Sebelumnya, Belva menyampaikan bahwa dirinya terlibat dalam pembahasan terkait insentif pajak super bersama pemerintah. Karena itu, vokasi menjadi salah satu fokus Ruangguru. “Tapi itu tantangannya juga banyak. Karena Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulumnya sudah jelas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya, beberapa waktu lalu (10/7).

Sedangkan pelatihan fokus pada keperluan industri. Untuk itu, Ruangguru berkonsultasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan lainnya. “Supaya kami tahu apa kurikulum yang benar, apa kebutuhan industri,” katanya.

Saat ini, Ruangguru memiliki beragam layanan, baik bussines to costumer (BtoC) maupun business to business (BtoB). BtoC yang gratis yakni ruangbelajar, ruanguji, dan ruangbaca. Sedangkan yang berbayar di antaranya ruangles, ruanglesonline, dan digitalbootcamp.

Layanan BtoB Ruangguru adalah ruangkerja. Belva mengatakan, layanan ini sudah dimanfaatkan beberapa institusi seperti Nestle, Pertamina, Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Dengan Pertamina misalnya, Ruangguru menyediakan platform ruangkerja yang memungkinkan karyawan perusahaan milik negara itu mendapat pelatihan langsung dari ahlinya secara online. Tenaga pengajarnya disediakan oleh Pertamina.

(Baca: Ruangguru Isyaratkan Dapat Pendanaan Tahun Ini)

Saat ini, Ruangguru memiliki 15 juta pengguna. Jumlah tersebut meningkat dibanding akhir tahun lalu yang sebanyak 11 juta. Perusahaan rintisan ini juga sudah menggaet 300 ribu guru di Indonesia.

Ia menargetkan, sekitar 52 juta siswa di Indonesia bisa menggunakan layanan Ruangguru. “Kami tumbuh 20 kali lipat dalam setahun. Kami berharap, 52 juta siswa itu secepat mungkin menggunakan Ruangguru,” katanya. Ruangguru sudah hadir di 32 provinsi di Tanah Air.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani peraturan pemerintah (PP) untuk memberikan insentif pajak kepada pelaku usaha yang berpartisipasi dalam pengembangan vokasi dan riset pada awal Juli lalu.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (9/7), PP Nomor 45 Tahun 2019 itu terbit dalam rangka mendorong investasi pada industri padat karya, mendukung program penciptaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja Indonesia, serta mendorong keterlibatan dunia usaha dan dunia industri dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas.

(Baca: Jokowi Teken PP Insentif Super Pajak, Potongannya Sampai 300%)

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN