Rusuh Merembet ke Makassar, Gubernur Jamin Keamanan Warga Papua

Martha Ruth Thertina
20 Agustus 2019, 08:47
kerusuhan di makassar, masalah di Papua saat ini, papua memanas, kerusuhan di manokwari
ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI
Massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua Sejawa-Bali melakukan aksi unjukrasa damai di Depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/8/2019). Aksi tersebut merupakan aksi solidaritas dan bentuk protes terhadap kekerasan serta diskriminasi rasial terhadap warga Papua yang terjadi di sejumlah kota yakni Surabaya, Malang dan Makassar.

Pengamanan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang memicu masalah beruntun. Demonstrasi rusuh terjadi di Manokwari dan Sorong, Papua. Di sisi lain, bentrokan terjadi di depan asrama mahasiswa Papua yaitu Asrama Cendrawasih Papua, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mengutip Antara, aparat kepolisian di Makassar mengamankan situasi dengan mengumpulkan warga Papua yang berada di Makassar untuk ditampung sementara di Asrama Cendrawasih Papua, yang sebelumnya menjadi lokasi kericuhan.

Gubernur Sulawesi Selatan H.M. Nurdin Abdullah menjanjikan keamanan bagi seluruh warga Papua di Makassar. "Saya sesalkan kejadian ini. Insya Allah pemerintah dan pihak keamanan, Pak Kapolda, Kapolrestabes, akan jamin keamanan sekarang dan seterusnya," kata dia seperti dikutip Antara, Senin (19/8).

(Baca: Soal Rusuh Manokwari, Jokowi Minta Pace dan Mace Beri Maaf)

Ia mengimbau warga dan mahasiswa Papua tetap berada di rumah dan asrama sementara pihak keamanan dan pemerintah Sulsel menenangkan pihak lainnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Ia berjanji akan membereskan kerusakan yang terjadi akibat insiden tersebut pada Selasa (20/8) ini. Ia juga menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi. "Maafkan kami semua," ucapnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...