Jelang Pengumuman Kabinet Jokowi, Menperin Beri Kode ke Rosan Roeslani

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

14/10/2019, 17.59 WIB

Airlangga kembali menyinggung nama Rosan Roeslani pada akhir pidato dan mengaitkan dengan posisi barunya.

Rosan P. Roeslani, Kepala Kamar Dagang Indonesia dalam acara HSBC X Katadata.co.id Indonesia Economic Update “The Golden Moment of Indonesia Economy” di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat (30/4).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rosan P. Roeslani, Kepala Kamar Dagang Indonesia dalam acara HSBC X Katadata.co.id Indonesia Economic Update “The Golden Moment of Indonesia Economy” di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat (30/4).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melempar sejumlah 'kode' kepada Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan P. Roeslani menjelang penentuan kabinet kerja periode kedua presiden Joko Widodo- Ma'ruf Amin. Menperin menyatakan, tengah menanti posisi Rosan dalam sepekan ini. 

Kode itu diungkap Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam acara bedah buku miliknya yang berjudul 'Merajut Asa, Membangun Industri Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkelanjutan'. 

"Yang saya hormati dan saya banggakan Ketua Umum Kadin Pak Rosan. Pak Rosan ini seminggu lagi kita nantikan posisinya,"  canda Airlangga di sela-sela sambutannya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (14/10).

(Baca: Jokowi Belum Libatkan KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Menteri)

Hal itu sontak saja disambut tepuk tangan serta gelak tawa peserta yang hadir. Tak hanya sekali, Airlangga kembali menyinggung nama Rosan Roeslani pada akhir pidato dan mengaitkannya dengan posisi barunya.

Airlangga menyatakan bakal memangkas 18 regulasi sebelum masa kepimpinannya berakhir. Ia pun berjanji pemangkasan aturan tersebut akan selesai sebelum masa pelantikan Jokowi.

"Kemenperin sedang finalisasi penghapusan 18 regulasi dan penyerderhanaan enam regulasi. Mudah-mudahan Pak Rosan, sebelum Jumat ini sudah beres," ujar Airlangga.

Seperti yang diketahui, presiden Jokowi akan kembali dilantik pada Minggu (20/10). Artinya, dari sepekan lagi Jokowi bakal mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya bekerja pada periode kedua.

(Baca: Setelah Bertemu SBY, Jokowi Buka Peluang Rombak Susunan Kabinet Baru)

Rosan Roeslani sendiri sebelumnya memutuskan untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia membantu pasangan calon presiden-wakil presien dalam merumuskan program turunan dari visi-misi di bidang ekonomi.

Mendekatnya Rosan ke istana mulai terlihat sejak Jokowi mengumpulkan anak dan cucu konglomerat nasional pada akhir Agustus lalu.

Tampak hadir pada acara di Istana Merdeka itu Martin Hartono, anak pemilik Grup Djarum; Anderson Tanoto, anak konglomerat Sukanto Tanoto; Axton Salim, anak Anthoni Salim; Anindya Bakrie, anak Aburizal Bakrie; hingga cucu Mochtar Riady yakni John Riady.

Selain itu ada pula Direktur Toba Bara yang juga keponakan Luhut Binsar Pandjaitan yakni Pandu Patria Sjahrir, pemilik Adaro Garibaldi Tohir, Michael Soryadjaya (Saratoga Investama Sedaya), Michael Widjaja (Sinar Mas), Richard Halim Kusuma (Agung Sedaya Group). 

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan