Sempat Naik Efek Ledakan Kapal Iran, Harga Minyak Dunia Hari Ini Turun

Image title
14 Oktober 2019, 08:54
Harga minyak dibuka melemah hari ini (14/10). Harga komoditas ini sempat naik akhir pekan lalu, karena kapal tanker Iran meledak.
Katadata
Ilustrasi kilang. Harga minyak dibuka melemah hari ini (14/10). Harga komoditas ini sempat naik akhir pekan lalu, karena kapal tanker Iran meledak.

Harga minyak mentah dunia dibuka melemah pada perdagangan hari ini (14/10). Padahal, harga komoditas ini sempat naik 2% setelah kapal tanker milik Iran meledak akhir pekan lalu (11/10).

Mengutip dari Reuters, harga minyak mentah berjangka jenis Brent dibuka melemah 0,51% dibanding penutupan sebelumnya, menjadi US$ 60,2 per barel pada pukul 08.18 WIB. Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate juga turun 0,62% menjadi 54,36 per barel pada pukul 08.15 WIB.

Kapal tanker Iran yang meledak akibat diserang memang sempat membuat harga minyak dunia naik. Sebab, investor khawatir hal itu akan mengganggu produksi minyak mentah di wilayah tersebut. 

Akan tetapi, Perusahaan Tanker Nasional Iran (NITC) mengatakan kapal tetap stabil meski rusak akibat diserang. Perusahaan juga membantah adanya laporan bahwa kapal terbakar.

(Baca: Dipicu Ketegangan di Timur Tengah, Harga Minyak Dunia Naik Tipis)

Hal ini membuat ketegangan di Timur Tengah meningkat. Apalagi, fasilitas kilang minyak milik Saudi Aramco diserang pada bulan lalu. Kini, giliran kapal tanker milik Iran yang meledak akibat serangan.

Selain itu, investor memperhatikan kesepakatan dagang fase pertama antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Ahli Strategi Pasar Asia Pasifik di AxiTrader, Stephen Innes menyampaikan bahwa investor tetap berhati-hati mengingat ada beberapa detail yang muncul dari perundingan tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...