Luncurkan Mesin Jual Otomatis, OVO Rambah Bisnis Data

Desy Setyowati
15 Oktober 2019, 13:37
Chief Data Officer OVO Vira Shanty saat menyampaikan data dari OVO Smartcube. Unicorn Tanah Air, PT Visionet Internasional (OVO) meluncurkan mesin jual otomatis berbasis digital (smart vending machine), bernama OVO Smartcube.
ovo
Chief Data Officer OVO Vira Shanty saat menyampaikan data dari OVO Smartcube. Unicorn Tanah Air, PT Visionet Internasional (OVO) meluncurkan mesin jual otomatis berbasis digital (smart vending machine), bernama OVO Smartcube.

Unicorn Tanah Air, PT Visionet Internasional (OVO) meluncurkan mesin jual otomatis berbasis digital (smart vending machine), bernama OVO Smartcube. Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran ini berencana menyediakan 500 mesin hingga akhir tahun depan.

Chief Data Officer OVO Vira Shanty mengklaim, produk terbarunya ini merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan analisis data secara real-time. OVO Smartcube akan merekam tingkah laku dan demografi pelanggan.

Data yang direkam meliputi usia, jenis kelamin, lokasi, kemampuan berbelanja (spending power) hingga perangkat (device) yang digunakan seperti ponsel atau tablet, termasuk tipenya. “Maka, mesin ini mampu menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna,” kata dia di Jakarta, Selasa (15/10).

Peluncuran tahap pertama OVO Smartcube dilakukan pada Juli lalu. “Kami target jadi 100 akhir tahun ini, 500 pada 2020, dan 1.000 pada akhir 2021,” kata Vira. “Ide awalnya, bagaimana data ekosistem OVO dapat berperan bukan hanya interaksi ke pelanggan tetapi juga mitra. “

(Baca: Bertemu Luhut, OVO Beberkan Fokus Bisnis Setelah Jadi Unicorn)

Ia menyampaikan, mesin ini mampu mengevaluasi preferensi konsumen dan menyediakan informasi secara instan dan akurat. Ia mencontohkan, kapan saja pengguna banyak berbelanja hingga produk yang paling banyak dibeli.

Informasi yang dikumpulkan oleh mesin ini dapat diakses oleh mitra pemegang merek (brand) OVO, dalam bentuk insight. Ia menegaskan bahwa data yang disampaikan ke mitra bukan bersifat pribadi, melainkan dalam bentuk ringkasan perbandingan (agregasi summary) atau insight. “Ini bisa dimanfaatkan oleh brand mitra untuk memberikan penawaran yang sesuai dengan target,” kata dia.

Untuk mendukung analisis data itu, OVO Smartcube dilengkapi dengan beberapa fitur. Di antaranya contoh produk (product sampling), penjualan (selling), survei, pemasangan iklan (advertising), isi ulang (top up), program loyalitas seperti voucher, dan video iklan.

Dewasa ini, menurutnya layanan mulai berfokus pada minat konsumen (consumer centric). Karena itu, menurutnya divisi pemasaran perlu mengidentifikasi perjalanan interaksi konsumen terhadap merek mereka dan menjadikan konsumen sebagai prioritas.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...