Profil Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Selatan Calon Menteri Jokowi

Penulis: Hari Widowati

21/10/2019, 13.03 WIB

Tetty Paruntu sukses melunasi utang pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan senilai Rp 109 miliar pada periode pertama pemerintahannya.

calon menteri jokowi, profil bupati minahasa selatan, tetty paruntu, Christiany Eugenia Paruntu, kabinet jokowi-maruf
KATADATA/DIMAS JAROT BAYU
Bupati Minahasa Selatan Chistiany Euginia Paruntu (kedua dari kiri) datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau lebih dikenal dengan nama Tetty Paruntu terlihat mendatangi Istana Kepresidenan, Senin (21/10) pagi. Ia memakai baju putih dan celana panjang hitam dengan kacamata hitam membingkai wajahnya.

Kedatangan Tetty diperkirakan erat kaitannya dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan susunan Kabinet Kerja periode kedua. Ia dikabarkan akan menempati pos sebagai menteri sosial. Siapakah Tetty Paruntu?

Tetty lahir di Manado, 25 September 1967. Politisi dari Partai Golkar ini adalah putri dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Paruntu sedangkan ibunya adalah Jenny Y. Tumbuan. Tetty menempuh pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di Bogor.

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet, Nadiem, Mahfud & Bupati Minahasa ke Istana)

Sekolah di Luar Negeri

Ia melanjutkan sekolahnya ke Harry Carlton Comprehensive School di Notingham, Inggris. Tetty juga tercatat pernah belajar di jurusan Manajemen Bisnis, Pitman College serta jurusan Sistem Informasi Manajemen di West London College. Setelah kembali ke Indonesia, Tetty melanjutkan pendidikan formalnya di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia Mayagita-LPI.

Di usia yang tergolong muda, Tetty terjun ke tiga bidang sekaligus, yakni sebagai pengusaha, politisi, dan pekerja sosial. Tetty terlibat sebagai pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar dan wakil bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara. Di bidang sosial, ia aktif di beberapa lembaga seperti Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta Selatan.

Tetty juga memimpin sejumlah perusahaan. Ia pernah menjadi presiden direktur PT Chandra Ekakarya Pratama yang bergerak di bidang produksi komponen listrik. Ia juga menjadi direktur di PT Partim Indomakmur, Komisaris PT Trutama Star, dan presiden direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia.

(Baca: Wishnutama dan Erick Thohir Muncul di Istana, Jadi Menteri ?)

Selesaikan Utang Pemda Rp 109 Miliar

Perempuan yang pernah meraih gelar sebagai Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post pada 2009 ini maju dalam Pemilihan Bupati Minahasa Selatan pada 2010. Ia berpasangan dengan Sonny Tandayu. Setelah resmi dilantik sebagai Bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015, ia menghadapi tantangan besar untuk menutup utang pemerintah daerah sebesar Rp 109 miliar.

Seperti dilansir Tribun Manado, Tetty mengaku kesulitan karena pada 2010 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hanya Rp 500 miliar. Namun, ia berhasil mengatasi masalah itu di masa jabatannya. Keberhasilan inilah yang membuat Tetty sukses terpilih kembali sebagai bupati Minahasa Selatan periode 2016-2020.

(Baca: Terima Jabatan Menteri, Nadiem Mundur dari Posisi CEO Gojek)

Diperiksa KPK sebagai Saksi Kasus Suap Pupuk

Pada 26 Juni 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Tetty Paruntu sebagai saksi dalam kasus suap distribusi pupuk antara PT Pilog dan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK). Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Tetty diminta keterangannya untuk tersangka Indung (IND), pihak swasta yang terkait kasus ini.

Penyidikan ini merupakan tindak lanjut dari penggeledahan yang dilakukan KPK pada 4 Mei 2019. KPK memverifikasi dugaan sumber dana gratifikasi yang diterima Anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) 27 Maret lalu. Gratifikasi tersebut diduga diberikan agar Bowo memuluskan pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) distribusi pupuk.

(Baca: Pastikan Dirinya Jadi Menteri, Mahfud Sebut Kabinet Baru Dilantik Rabu)

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan