Kontroversi Kebijakan Anies, Bagaimana JPO Tanpa Atap di Negara Lain?

Sorta Tobing
8 November 2019, 17:55
JPO tanpa atap, anies copot atap JPO, jembatan penyeberangan orang tanpa atap
ANTARA/Livia Kristianti
Masyarakat melakukan aktivitas di jembatan penyeberangan orang (JPO) tanpa atap di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat di malam hari, Rabu (6/11/2019).

Ada yang berbeda di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta. Tak ada lagi peneduh atau atap di atasnya. Yang terlihat hanya segaris panjang jembatan dengan pembatas di sampingnya.

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lagi-lagi menuai kontroversi. Pasalnya, Anies memerintahkan anak buahnya untuk mencopot atap-atap JPO itu.

Ia berpendapat cara ini dapat mengundang minat masyarakat untuk berswafoto sambil melihat keindahan gedung pencakar langit di ibu kota. Namun, masyarakat justru memprotes kebijakan itu.

Tanpa atap, para pejalan kaki merasa tidak nyaman berjalan di jembatan karena langsung menghadapi panas atau pun hujan. “Kalau siang, mau nyari makan jadi terasa banget capeknya karena kena terik matahari yang kebangetan,” kata Panji seperti dikutip dari Antara kemarin, Rabu (6/11).

(Baca: Ahok dan Anies Berseteru, Buntut Anggaran Janggal di APBD Jakarta)

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan JPO yang ada di Jalan Sudirman-Thamrin memang akan berkonsep atap terbuka. Jembatan yang beratap hanyalah yang terhubung dengan halte TransJakarta, untuk memudahkan para penggunanya.

Menurut dia, fungsi jembatan penyeberangan adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubungkan dari trotoar ke trotoar. “Lah kan trotoar kita memang sudah terbuka. Kalau kehujanan, otomatis orang enggak menyeberang dong, wong hujan,” ucap Hari.

Sebelum mengeksekusi keputusan ini, Anies telah memintah para stafnya untuk membandingkan JPO di negara lain. “Di negara lain jembatan penyeberangan orang tanpa atap. Nanti silakan saja lihat di Google. Banyak JPO tanpa atap,” katanya.

Bagaimana JPO tanpa atap di negara lain?

Millennium Bridge, London, Inggris
Millennium Bridge, London, Inggris (Wikipedia)

1. Jembatan Millenium, Inggris

Di London, Inggris terdapat JPO yang sangat terkenal, yaitu Millennium Bridge. Jembatan ini terbentang di atas Sungai Tyne. Jadi, para penggunanya tak cuma melihat pemandangan gedung kuno dan modern, tapi juga keindahan sungai.

Bentuk jembatan selebar empat meter itu melengkung dan miring, agar kapal bisa berlayar di bawahnya. Strukturnya memakai suspensi tarik kawat baja. Para Londoners menyebut jembatan yang dibuka untuk umum pada Juni 2000 tersebut Wobbly Bridge, karena kerap bergerak-gerak ketika dilalui.

Di lantai jembatan ini terdapat terlukis 400 karya seni. Kalau menonton film Harry Potter and The Half Blood Prince, JPO ini muncul juga pada salah satu adegan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...