11 Tips Berburu Diskon hingga Belanja Hemat Saat Harbolnas

Penulis: Desy Setyowati

10/12/2019, 11.28 WIB

Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli hingga GoPay menawarkan diskon dan cashback hingga 99% saat harbolnas.

Berburu Diskon hingga Cashback, 11 Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi, pengunjung melintas di depan restoran makan cepat saji yang terpasang poster promosi diskon aplikasi fintech pembayaran atau "payment gateway" di salah satu mal di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Konsumen disuguhkan dengan beragam promosi baik potongan harga maupun uang kembali (cashback) pada akhir tahun. Pesta diskonnya pun mulai dari 9.9, 10.10, 11.11, black friday, dan 12.12 atau hari belanja online nasional (harbolnas).

Berdasarkan data Google baru-baru ini, pencarian mengenai 12.12 naik hingga 50 kali dibandingkan tahun sebelumnya. Startup penunjang gaya hidup, ShopBack pun berbagi beberapa tips supaya konsumen bisa memanfaatkan pesta diskon secara maksimal.

Pertama, membuat daftar produk yang ingin dibeli. Lalu cek apakah harga barang tersebut sedang promo atau tidak di beberapa platform e-commerce. Kedua, cek kalender kampanye promosi di setiap marketplace.

Ketiga, mengumpulkan kode voucher supaya berbelanja menjadi lebih hemat. Selain itu, konsumen perlu meninjau platform mana saja yang memberikan gratis ongkos kirim.

(Baca: Ada Mitra Baru, Target Harbolnas 2019 Melejit Jadi Rp 8 Triliun)

Keempat, cek cara mendapatkan poin untuk potongan harga tambahan. Sebab, beberapa e-commerce menyediakan gim yang memungkinkan pengguna memperoleh diskon.

Lazada misalnya, menghadirkan game show tebak harga pada pukul 17.00 hingga 20.00 WIB. Selain itu ada gim Mojigo dan Stamp Hut. Begitu juga dengan Shopee menyediakan gim baru Shopee Tanam. Beberapa e-commerce lain juga menghadirkan layanan serupa.

Kelima, berbelanja ketika sepi transaksi. Berdasarkan survei ShopBack, masyarakat Indonesia paling banyak bertransaksi pada pukul 09.00 – 12.00 dan 12.00 – 15.00. Keenam, mencermati syarat dan ketentuan promo.

(Baca: Lazada, Bukalapak, Shopee dan GoPay Beri Diskon Harbolnas hingga 99%)

Ketujuh, pantau flash sale atau promosi berupa harga barang murah pada jam-jam tertentu. Kedelapan, memanfaatkan promosi dari layanan pembayaran baik perbankan maupun teknologi finansial (fintech) seperti OVO, GoPay, DANA, LinkAja dan lainnya.

Kesembilan, berbelanja melalui platform agregator seperti ShopBack, Fave, Pomona, Ponta, GoToMalls, dan lainnya. Platform-platform seperti ini menyediakan promosi tambahan.

Kesepuluh, tinjau review, peringkat dan komentar konsumen di toko para penjual atau seller. Terakhir, aktifkan push notification di aplikasi belanja.

(Baca: Pesta Belanja Online 9.9 Dimulai, E-commerce Tawarkan Ragam Diskon)

ShopBack menargetkan nilai transaksi selama ShopBack ShopFest 2019 meningkat lebih dari enam kali dibanding periode yang sama tahun lalu. ShopBack ShopFest adalah festival belanja online selama empat bulan, dari September hingga Desember.

Country General Manager ShopBack Indonesia Galuh Chandra Kirana mengatakan, peningkatan nilai transaksi tidak terlepas dari daya beli dan animo masyarakat Indonesia yang meningkat. “Hanya dalam waktu tiga bulan penyelenggaraannya, ShopBack ShopFest mencatat rekor baru dan tentunya melampaui target tahun ini,” kata dia dalam siaran pers, akhir pekan lalu (^/12).

Sepanjang penyelenggaraan ShopBack ShopFest 2019, kategori produk travel mengalami peningkatan paling signifikan yakni meningkat hingga lima kali lipat. Selain itu, produk fesyen, kebutuhan rumah tangga, kecantikan dan elektronik tetap menjadi produk primadona.

(Baca: Gaet Didi Kempot, Shopee Target 12 Juta Lebih Transaksi Saat Harbolnas)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan