Bangun Pabrik Baru Rp 70 Triliun, Chandra Asri Cari Investor

Image title
26 Desember 2019, 16:04
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berencana membangun kompleks pabrik baru dengan nilai investasi US$ 5 miliar atau sekitar Rp 70 triliun
katadata/Arief Kamaludin
Ilustrasi, aktivitas instalasi Pabrik PT Chandra Asri Petrochemical di Cilegon, Banten, Rabu, (26/11/2018).

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berencana membangun kompleks pabrik baru dengan nilai investasi US$ 5 miliar atau sekitar Rp 70 triliun dalam beberapa tahun ke depan. Karena itu, perusahaan mencari investor strategis untuk masuk ke anak usahanya yaitu Chandra Asri Perkasa (CA Perkasa)

Investor Relation Barito Pacific Allan Alcazar menyampaikan, saat ini ada dua investor strategis yang berencana mengakusisi saham CA Perkasa. Meski begitu, jumlah saham yang dijual dan target dananya belum bisa disampaikan

Allan mengatakan, keduanya tengah melakukan proses uji tuntas (due diligence) untuk proses membeli saham CA Perkasa yang saat ini sahamnya dipegang 99% oleh Chandra Asri. Kompleks pabrik baru tersebut, ditargetkan bisa rampung pada 2024 mendatang.

Chandra Asri juga berencana mencari pendanaan memalui skema penambahan modal Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue. Perusahaan bakal meminta izin untuk rights issue dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Februari 2020 nanti.

"Rights issue ini jadi salah satu strategi mereka (Chandra Asri) untuk pendanaan kompleks pabrik baru. Butuh US$ 5 miliar untuk pembangunan total," ujar Allan di kawasan SCBD, Jakarta, hari ini (26/12).

(Baca: Ekonomi Global Melemah, Laba Chandra Asri Kuartal III 2019 Anjlok 80%)

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Chandra Asri, perusahaan berencana rights issue dengan menerbitkan saham baru maksimal 7,16 miliar lembar. Harga saham yang akan diterbitkan Rp 200 per lembar. Namun, belum ditetapkan berapa harga pelaksanaan aksi korporasi tersebut.

Sebagai gambaran, harga saham Chandra Asri yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rp 10.575 per lembar pada perdagangan hari ini, pukul 14.36 WIB. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan Rp 18,59 triliun.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...