Kesepakatan Dagang AS & Komitmen Pasokan OPEC Kerek Harga Minyak Dunia

Image title
26 Desember 2019, 10:06
Kesepakatan Dagang AS & Komitmen Pasokan OPEC Kerek Harga Minyak Dunia.
Katadata
ilustrasi kilang minyak. harga minyak jenis Brent pada pukul 08.24 WIB naik 7 sen menjadi US$ 67,27 per barel.

Harga minyak kembali mencatat kenaikan pada perdagangan Kamis (26/12), setelah sempat menurun. Kenaikan harga minyak antara lain dipicu oleh optimisme pasar terkait kesepatan dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok hingga komitmen pengurangan produksi minyak anggota OPEC

Berdasarkan data Reuters, harga minyak jenis Brent pada pukul 08.24 WIB naik 7 sen menjadi US$ 67,27 per barel pada pembukaan hari ini setelah sesi sebelumnya ditutup di level US$ 67,20 setelah mengalami kenaikan 81 sen. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 16 sen menjadi US$ 61,27 per barel.

OPEC dan sekutu sepakat pada November lalu untuk memperpanjang pembatasan produksi sejak 2017. Dengan pengurangan produksi, sebanyak 2,1 juta barel per hari (bpd) diharapkan dapat dikeluarkan dari pasar, atau sekitar 2% dari permintaan global.

(Baca: Tiga Pekan Menguat, Harga Minyak Kembali Tertekan Akibat Isu Pasokan)

Meski begitu, Kepala penelitian pasar minyak di Rystad Energy Bjornar Tonhaugen mengatakan OPEC perlu melakukan usaha ekstra untuk menyeimbangkan pasar secara berkelanjutan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...