Kondisi Global Makin Suram, Sri Mulyani Waspadai Dampak ke Ekonomi RI

Agustiyanti
10 Januari 2020, 10:07
Sri Mulyani, Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Global, Ketidakpastian Global, Bank Dunia
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan fokus menjaga pertumbuhan ekonomi domestik di tengah ketidakpastian global yang meningkat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang dilakukan Bank Dunia memberikan peringatan bahwa kondisi ekonomi global masih akan diliputi ketidakpastian seperti tahun lalu. Ia pun menyatakan pemerintah bakal fokus menjaga pertumbuhan ekonomi domestik dengan instrumen-instrumen yang ada. 

Bank Dunia dalam laporan terbarunya memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global ada tahun ini dari 2,7% pada proyeksi Juni 2019 menjadi 2,5%. Sementara proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik dipangkas dari 2,6% menjadi 2,4%. 

"Kami lihat ketidakpastian akan muncul terus. Jadi  harus tetap waspada terhadap itu," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis malam (10/1).

Sri Mulyani menjelaskan, ketidakpastian global awal tahun ini dibuka dengan konflik antara AS dan Iran. Selain itu, Pemilu AS pada November 2020 juga akan memberikan ketidakpastian politik di negara tersebut dan dapat berdampak ke perekonomia global. 

(Baca: Setelah Sri Mulyani, Mari Pangestu Ditunjuk jadi Direktur Bank Dunia)

Di sisi lain, ruang fiskal sejumlah negara juga terbatas sehingga tak mampu mendorong perekonomiannya ditengah ketidakpastian geopolitik. Hal ini berimbas pada perlambatan ekonomi secara global.

Berbagai kondisi tersebut akan menjadi perhatian Bendahara Negara itu. Adapun ia meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat tetap terjaga. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...