Inilah 11 Proyek Migas yang Siap Berproduksi Tahun Ini

Image title
14 Januari 2020, 08:38
skk migas, proyek migas, produksi migas
Katadata
Ilustrasi blok migas. SKK Migas menyebutkan ada 11 proyek migas mulai berproduksi tahun ini.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan bahwa tahun ini akan ada 11 proyek migas yang akan berproduksi.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan proyek-proyek tersebut diharapkan dapat mendongkrak lifting migas yang pada tahun lalu belum mencapai target APBN.

"Ada 11 proyek yang akan onstream di tahun 2020 ini. Harapannya ya bisa menambah produksi atau lifting," ujarnya kepada Katadata.co.id, Senin (13/1).

Julius memerinci 11 proyek yang akan berproduksi tersebut mempunyai total nilai investasi mencapai US$ 164 juta. Adapun proyek tersebut dijadwalkan beroperasi pada kuartal I hingga kuartal III tahun ini.

(Baca: SKK Migas Harap Negosiasi Transisi Blok Rokan Rampung Akhir Januari)

Kuartal I

1. Proyek Bukit Tua Pashe-3 yang dikerjakan oleh Petronas Carigali Ketapang III Ltd. dengan kapasitas fasilitas produksi 31,5 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) dan estimasi produksi 31,5 MMscfd. Saat operator tengah melalui tahapan pengerjaan engineering, procurement, dan construction (EPC). Proyek ini dijadwalkan berproduksi Januari 2020.

Awalnya proyek Bukit Tua Pashe-3 masuk dalam daftar proyek onstream 2019. Namun karena beberapa kendala proyek tersebut akhirnya mundur dan masuk dalam daftar proyek onstream 2020.

2. Proyek Grati Pressure Lowering yang dikerjakan oleh Ophir Indonesia (Sampang) Pty. Ltd. dengan kapasitas fasilitas produksi 30 MMscfd dan estimasi produksi 30 MMscfd. Tahapan saat ini yakni pengerjaan EPC dan dijadwalkan berproduksi pada Maret 2020.

3. Proyek Buntal-5 yang dikerjakan Medco Energi dan dijadwalkan akan berproduksi pada Maret 2020 mendatang. Sama dengan Bukit Tua Pashe-3, awalnya proyek ini masuk dalam daftar proyek onstream tahun lalu namun terpaksa tak dapat beroperasi. Hal ini lantaran rig untuk pengeboran proyek tidak kunjung datang karena masih digunakan di Vietnam.

4. Proyek Sembakung Power Plant yang dikerjakan oleh PT Pertamina EP dengan tahapan saat ini yakni pengerjaan EPC. Proyek ini dijadwalkan beroperasi pada Februari 2020.

(Baca: Lelang Perdana 2020 Blok Migas, ESDM Hidupkan Lagi Skema Cost Recovery)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...