Makin Ketat, Gojek & Grab Rilis Fitur Baru Pesan-Antar Makanan di 2020

Fahmi Ahmad Burhan
17 Januari 2020, 16:59
Makin Ketat, Gojek dan Grab Rilis Fitur Baru Pesan-Antar Makanan awal 2020
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Ilustrasi, sejumlah pengemudi ojek online menunggu penumpang di depan Stasiun Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).

Mengawali 2020, persaingan Gojek dan Grab terkait layanan pesan-antar makanan makin ketat. Gojek meluncurkan empat fitur baru GoFood, sedangkan Grab merilis tujuh fitur anyar untuk GrabFood.

Tujuh fitur baru yang dirilis Grab yakni ambil sendiri (pickup), multiorder, pesan ulang, kesayanganku, centang hijau, all in one GrabKitchen, dan pusat bantuan. Sedangkan Gojek merilis pickup, turbo lewat GoFood Festival dan GoFood Kitchen, plus atau paket berlangganan, serta Google Assistant.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, peluncuran tujuh fitur baru itu bukan hanya untuk meningkatkan transaksi. “Kami beri kepuasan pada stakeholder yaitu pelanggan, mitra pengemudi, dan merchant. Jadi lebih mudah kalau ingin meningkatkan value," katanya di Jakarta, Jumat (17/1).

Ia menyebutkan, transaksi (gross merchandise value/GMV) GrabFood di Indonesia selama Semester I 2019 meningkat tiga kali lipat. Neneng berharap, jumlah mitra penjual meningkat pada tahun ini.

Pertama, fitur ambil sendiri yang baru tersedia di Jakarta, Bandung, Denpasar, dan DI Yogyakarta. Melalui fitur anyar ini, pelanggan bisa memesan kuliner lewat aplikasi Grab, lalu mengambilnya di toko.

(Baca: Selain Promosi, Begini Strategi Gojek Dorong Transaksi GoFood di 2020)

Kedua, fitur multiorder yang memungkinkan konsumen memesan menu berbeda di empat mitra sekaligus dalam satu pesanan. Ketiga, pesan ulang yang memudahkan pelanggan memesan kembali produk yang pernah dibeli.

Keempat, fitur kesayanganku dengan tanda favorit pada produk GrabFood. Kelima, centang hijau sebagai penanda merchant pilihan GrabFood. Keenam, pusat bantuan.

Terakhir, layanan all in one untuk GrabKitchen. Saat ini, Grab memiliki 40 GrabKitchen di lima kota besar Indonesia. Melalui cloud kitchen ini, pengguna bisa memesan beragam kuliner melalui aplikasi, namun tidak bisa memakannya di lokasi.

Mengawali tahun ini, Grab juga mengampanyekan Gerakan jangan lupa makan. Selama 10 jam, pada Jumat (17/1), 590 mitra pengemudi Grab mengantarkan 10 ribu paket makanan kepada pemadam kebakaran, polisi, dokter, suster, pengemudi transportasi umum, dan petugas kebersihan.

Gerakan itu dilakukan di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar.  (Baca: Grab Luncurkan Cloud Kitchen Pertama di Singapura)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...