Wamendag Ajak Norwegia Tingkatkan Kerja Sama Dagang & Investasi di RI

Image title
Oleh Ekarina
31 Januari 2020, 17:51
Wamendag Ajak Pengusaha Norwegia Kerja Sama Dagang & Investasi di RI.
Katadata
Ilustrasi pelabuhan ekspor. Pemerintah mengajak Norwegia kerja sama di bidnag perdagangan dan investasi di Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengajak pemerintah dan pengusaha Noerwegia meningkatkan nilai perdagangan serta berinvestasi di Indonesia. Hal ini dia sampaikan dalam seminar Enhancing Indonesia - Norway Trade and Investment Cooperation di Oslo, Norwegia.

Jerry menyatakan, ajakan kerja sama itu bisa dilakukan secara bilateral maupun dalam kerangka kemitraan Indonesia - EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

 “Pemerintah Indonesia berencana menciptakan iklim ekonomi yang kompetitif dan terbuka, baik dalam hal perdagangan maupun investasi. Dengan kerja sama yang saling menguntungkan, diharapkan ekonomi kedua negara bertumbuh,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (31/1).

(Baca: Kesepakatan Dagang Tahap I AS-Tiongkok Masih Penuh Risiko)

Kemendag mencatat total nilai perdagangan Indonesia - Norwegia pada 2018 mencapai US$ 24,13 juta. Sedangkan dari sisi investasi, modal yang ditanam investor Norwegia di Indonesia periode 2014–2018 mencapai US$ 40,2 juta.

Perjanjian perdagangan IE-CEPA diproyeksikan mampu meningkatkan ekspor Indonesia ke negara-negara anggota European Free Trade Association (EFTA),
dimana Norwegia termasuk di dalamnya.

Dalam impelentasinya nanti, Norwegia akan memberikan pembebasan bagi 6.333 pos tarif atau setara dengan 90,97 persen dari total pos tarif dan 99,75 persen nilai impor Norwegia dari Indonesia.

Sedangkan potensi nilai ekspor barang Indonesia ke negara-negara anggota EFTA dapat meningkat hingga US$ 1,92 miliar dalam 5 tahun berikutnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...