Erick Thohir Lantik Jenderal Polisi Carlo Tewu Jadi Pejabat BUMN

Image title
4 Februari 2020, 13:29
BUMN, Erick Thohir
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat Public Expose Krakatau Steel 2020 di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Erick Thohir baru saja melantik pejabat eselon I Kementerian BUMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi melantik pejabat eselon I di Lingkuangan Kementerian BUMN, pada Selasa (4/2) siang. Pelantikan tersebut dihadiri oleh para petinggi perusahaan pelat merah.

Pejabat yang dilantik oleh Erick Thohir hari ini yaitu Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan yang dijabat oleh Carlo Brix Tewu dan Deputi Keuangan dan Manajemen Risiko Nawal Nely. Selain itu, Erick melantik Loto Srinaita Ginting sebagai Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Susyanto sebagai Sekretaris Menteri.

Sebelumnya Susyanto menjabat sebagai Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). "Iya (dilantik), terimakasih," kata Susyanto saat ditemui di Kementerian BUMN, saat sebelum pelantikan.

(Baca: Erick Thohir Rombak Direksi Asabri, Dirut Tak Dicopot)

Adapun jabatan deputi dipangkas dari tujuh posisi menjadi tiga posisi dengan memindahkan pejabat tersebut ke BUMN. Selain restrukturisasi jabatan eselon I, Erick juga meninjau jabatan pegawai di bawahnya. Penyederhanaan birokrasi ini bertujuan menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien sesuai arahan Presiden Jokowi.

Erick sebelumnya menyatakan sudah bertemu dengan para pejabat eselon I di kementeriannya untuk secara langsung menjelaskan tentang restrukturisasi jabatan tersebut. Ia menyebut pergeseran pejabat sebagai bagian dari tour on duty.

“Dari korporasi mengerti mengenai birokrasi, seperti Pak Kartika dan Pak Budi Sadikin. Begitu juga dari birokrasi harus mengerti permasalahan di korporasi, seperti yang dijalankan hari ini,” kata dia seperti dikutip dari Keterangan tertulis Kementerian BUMN, Senin (18/11).

(Baca: Erick Thohir Berharap Hasil Sita Aset Bisa Bantu Keuangan Jiwasraya)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...