Perdagangan Terdampak Corona, Sandiaga Usul Paket Ekonomi ‘Antivirus’

Image title
7 Maret 2020, 17:45
Perdagangan Terdampak Virus Corona, Sandiaga Uno Usul Paket Ekonomi ‘Antivirus’
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Sandiaga Uno menghadiri sidang tahunan MPR RI sidang beraama DPR RI - DPD RI dalam sidang DPR RAPBN 2020 di gedung Nusantara 2, DPR,  Jakarta Pusat (16/8/2019).

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sandiaga Uno menyampaikan, sektor perdagangan terdampak wabah virus corona. Karena itu, ia mengusulkan paket kebijakan ekonomi ‘antivirus’ kepada pemerintah.

Paket kebijakan yang dimaksud yakni memuat beberapa aturan untuk mendorong perekonomian di tengah wabah virus corona. “Ketika ekonomi kurang baik, kebijakan yang dikeluarkan biasanya bagus-bagus," kata Sandi dalam acara diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3).

Salah satu kebijakan yang diusulkan yaitu mengubah skema impor komoditas dan strategis, dari berdasarkan kuota menjadi tarif. Dengan penerapan sistem tarif, Sandi optimistis harga dan pasokan bahan pokok menjadi lebih stabil.

(Baca: Setuju Sri Mulyani, Faisal Basri: Corona Tumpulkan Kebijakan Ekonomi)

Menurut dia, selama ini pelaku usaha terhambat birokrasi yang berbelit-belit dengan adanya penerapan skema kuota. Sedangkan skema tarif dinilai lebih sederhana.

"Semua pemain bisa masuk dan sangat transparan, akuntabel, dan responsif. Kalau harga naik atau turun, tarif bisa di-adjust,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Ekonomi Pertanian sekaligus Peneliti Senior INDEF Bustanul Arifin menilai pemerintah perlu menyederhanakan kebijakan. Dengan begitu, pemerintah lebih responsif dalam menstabilkan suplai dan harga kebutuhan pokok.

"Konteks kebutuhan pokok dan strategis yakni ketersediaan dan stabilitas harga," kata Bustanul. Salah satu bahan pokok yang terdampak virus corona yaitu bawang putih, karena banyak yang diimpor dari Tiongkok.

Kelangkaan bawang putih dapat mengerek inflasi. "Memang ada prosedur yang perlu disederhanakan, kepastian harus ditingkatkan. Bagaimana pun akan menjaga stabilitas," katanya.

(Baca: Ekspor Terancam Corona, Fasilitas Kemudahan Impor KITE akan Diperluas)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...