Chevron Kaji Pemangkasan Belanja Modal karena Harga Minyak Anjlok

Image title
11 Maret 2020, 12:43
chevron, harga minyak, produksi migas, amerika serikat
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, logo Chevron. Perusahaan minyak Amerika Serikat, Chevron, berencana memangkas belanja modal sebagai antisipasi anjloknya harga minyak. Langkah tersebut diproyeksi dapat menurunkan produksi migas perusahaan.

Chevron tengah mencari cara untuk memangkas pengeluaran sebagai antisipasi rendahnya harga minyak. Langkah tersebut dapat menyebabkan produksi migas perusahaan Amerika Serikat itu lebih rendah pada tahun ini.

Dalam pernyataannya, Chevron menargetkan efisensi hingga US$ 2 miliar melalui penghematan biaya. "Kami sedang mengkaji alternatif untuk mengurangi belanja modal, yang diharapkan dapat menurunkan produksi jangka pendek dan mempertahankan nilai jangka panjang," dikutip berdasarkan laporan Reuters pada Selasa (10/3) .

Advertisement

Sedangkan Chevron Pacific Indonesia (CPI) belum memutuskan langkah antisipasi turunnya harga minyak dunia. Manager Corporate Communications CPI Sonitha Poernomo mengatakan pihaknya masih memantau pergerakan harga minyak.

"Dampak penurunan harga jelas terasa di industri energi. Sulit untuk diprediksi bagaimana ini akan berlangsung di minggu atau bulan ke depan," kata Sonitha ke Katadata.co.id pada Rabu (11/3).

Sebelumnya, perusahaan raksasa minyak tersebut berencana menggelontorkan belanja modal sekitar US$ 19-22 miliar per tahun hingga 2024. Dengan dana tersebut, perusahaan menargetkan produksi minyak mencapai 1 juta barel per hari terutama dari proyek ladang migas serpih (shale) Permin, Amerika Serikat pada pertengahan dekade ini dan terus mempertahankan besaran produksi tersebut hingga 2040.

Chief Executive Chevron Mike Wirth pada pekan lalu masih optimistis bisa mempertahankan pengeluaran dan mengembalikan US$ 80 miliar kepada pemegang saham selama lima tahun ke depan. Dia mengklaim perusahaan dapat menghasilkan minyak dan keuntungan dengan biaya terendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement