Prabowo Minta Panglima TNI Ambil Alat Kesehatan Covid-19 di Tiongkok

Happy Fajrian
19 Maret 2020, 21:15
prabowo subianto, alat kesehatan, virus corona,
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.
Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona dengan menggunakan baju pelindung diri.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengerahkan pesawat milik TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan yang berkaitan dengan virus corona Covid-19, di Shanghai, Tiongkok.

Permintaan itu tertuang dalam Surat Menhan dengan Nomor: B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020 yang ditujukan kepada Panglima TNI perihal pengambilan alat kesehatan.

“Ini untuk mempermudah proses birokrasi G to G (government to government) dibandingkan penggunaan fasilitas lainnya. Satu atau dua hari ini pesawat berangkat,” kata Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak di Jakarta, Kamis (19/3).

Adapun alat-alat kesehatan yang akan diambil di Shanghai berupa masker sekali pakai, masker n95, baju dan kacamata pelindung diri, sarung tangan medis, pelindung sepatu, termometer infra merah, dan topi bedah.

(Baca: Beberapa Obat yang Diklaim Efektif Sembuhkan Pandemi Corona)

“Alat kesehatan ini nantinya disiapkan untuk bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dan para dokter yang berjuang di lapangan dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19,” jelas Dahnil.

Sementara itu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menyampaikan bahwa alat uji cepat atau rapid test Covid-19 sudah bisa masuk ke dalam negeri secara bertahap.

Alat tes tersebut nantinya akan didistribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19 oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang telah mengajukan izin impor alat kesehatan tersebut sejak 10 Maret 2020.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...