IHSG Diproyeksi Naik Meski Dibayangi Corona dan Data Ekonomi Dunia

Image title
6 Mei 2020, 05:28
IHSG Diproyeksi Menguat Meski Dibayangi Corona dan Data Ekonomi Dunia.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Layar menampilkan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal menguat, meski dibayangi sejumlah sentimen dunia seperti terkaut penyebaran wabah virus corona.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (6/5) diprediksi menguat, melanjutkan pergerakkan kemarin yang ditutup naik 0,53% ke level 4.630,13. Meski demikian, IHSG hari ini masih dibayangi sejumlah sentimen global yang menyebabkan indeks bergerak terbatas. 

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, penguatan IHSG kemarin tertahan oleh sentimen rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan pertama 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan I mencapai 2,97%, lebih rendah dari proyeksi pemerintah sebesar 4,6%.

Advertisement

(Baca: Meski Pertumbuhan Ekonomi Hanya 2,97%, IHSG Ditutup Naik 0,54%)

Di awal perdagangannya, IHSG sempat menguat signifikan sebesar 1,35%. Namun, pada saat penutupan, indeks hanya naik sekitar 0,53%. William menyatakan, hal ini menandakan, investor sudah mengantisipasi pertumbuhan ekonomi yang di luar harapan sejak sebelumnya.

"Bisa dikatakan bahwa pasar saham sudah priced-in. Tapi, sentimen ini bisa berlanjut selama virus corona belum beres," kata William dalam risetnya.

Meski begitu, secara teknikal dia memperkirakan IHSG bergerak mixed dengan kecenderungan menguat di level 4.565 sampai dengan 4.730.

Beberapa saham yang menjadi rekomendasi pada perdagangan hari ini, di antaranya PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT Wiaya Karya Tbk (WIKA).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memprediksi hal yang senada. IHSG hari ini menurutnya akan melanjutkan penguatan dengan rentang support dan resistance di level 4.610-4.810.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement