Pasokan Melimpah, Kementan Ingin Tingkatkan Ekspor Sayuran Segar

Agatha Olivia Victoria
25 Mei 2020, 16:03
Kementerian Pertanian, Kementan, ekspor, pertanian
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). Kementerian Pertanian menyebut pasokan hasil pertanian dan sayuran segar meningkat sehingga pemerintah berharap ada upaya peningkatan ekspor komoditas tersebut.

Kementerian Pertanian menyatakan produksi pertanian dan sayuran segar dalam negeri sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi corona. Kementan pun berencana meningkatkan ekspor komoditas pangan tersebut.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menyatakan pemerintah memang berupaya meningkatkan ekspor beberapa komoditas pertanian dan sayuran segar. Apalagi pasokan beberapa jenis sayuran segar seperti selada, bayam, kangkung, kubis, dan wortel sangat melimpah.

"Dalam masa pandemi, kita lihat sendiri, petani sampai kesulitan menjualnya karena produksi melimpah," tulis Prihasto dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (25/5).

Kementan pun terus membantu petani dalam memasarkan dan mendistribusikan hasil panen. Dirinya pun berharap momen pandemi dapat menjadi momentum agar masyarakat lebih mencintai produk pertanian dalam negeri. Sehingga dapat menolong perekonomian petani.

(Baca: Komisioner KIP : Negara Harus Siapkan Dana yang Cukup untuk Pertanian)

Meski begitu, Prihasto menyebut impor bawang putih dan kentang industri terus berjalan meski hasil pertanian meningkat. Sebab, kebutuhan komoditas tersebut cukup banyak.

"Nyatanya kita memang masih butuh pasokan besar," ujarnya.

Menurut dia, bawang putih belum tumbuh optimal di Tanah Air. Sedangkan, komoditas ini tumbuh subur di daerah sub tropis seperti Tiongkok.

Produksi bawang putih nasional naik dari 49 ribu ton menjadi 88 ribu ton. Meski begitu, jumlahnya masih belum dapat memenuhi kebutuhan nasional yang mencapai 580 ribu ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...