Tambahan Terbanyak Kasus Baru Corona RI Berasal dari Jatim dan Papua

Ameidyo Daud Nasution
2 Juni 2020, 18:04
jawa timur, papua, virus corona
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/wsj.
Mobil tes PCR keliling di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (29/5/2020). Jumlah kasus baru corona hari Selasa paling banyak berasal dari Jatim dan Papua.

Provinsi Jawa Timur masih menjadi wilayah dengan penambahan jumlah konfirmasi positif virus corona Covid-19 terbesar di Indonesia. Pada rilis data Selasa (2/6), ada tambahan 213 orang yang dinyatakan positif corona di Jatim  atau lebih dari sepertiga kenaikan kasus di seluruh negeri.

Di bawah Jatim, ada Provinsi Papua yang mengalami lonjakan jumlah infeksi corona yakni 94 pasien. Penambahan ini merupakan rekor kasus baru di Bumi Cenderawasih sejak 22 Maret lalu.

Total kasus corona di Jatim mencapai 5.135 orang. Sedangkan jumlah konfirmasi positif Covid-19 di Papua sebanyak 819 orang. “Penambahan tak menggambarkan total keseluruhan di Tanah Air,” kata juru bicara nasional penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPNB, Jakarta, Selasa (2/6).

(Baca: Jumlah Kasusnya Melonjak, Jatim Jadi Zona Merah Virus Corona)

Dia menjelaskan di beberapa wilayah seperti DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan mengalami penurunan kenaikan kasus baru Covid-19. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada penambahan 60 kasus baru infeksi corona di Ibu Kota. Angka tersebut menurun dari 137 kasus yang dilaporkan pada Senin (1/6).

Sedangkan jumlah kenaikan kasus baru di Sulawesi Selatan juga menurun tipis dari 45 kemarin menjadi 44 hari ini. “Kerja bersama memberi hasil bagus dengan kasus menurun di berbagai provinsi,” kata Yurianto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...