Turis Asing ke RI Bulan April Anjlok 87% jadi 160 Ribu Kunjungan

Agatha Olivia Victoria
2 Juni 2020, 13:19
BPS, kunjungan wisatawan, wisatawan mancanegara, turis asing, pandemi corona
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
BPS mencatat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari-April 2020 hanya mencapai 2,77 juta kunjungan, turun 45,01% dari 5,03 juta kunjungan pada periode yang sama tahun lalu.

Badan Pusat Statistik mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada April 2020 hanya mencapai 160 ribu kunjungan, anjlok 87,44% dibanding April 2019 sebanyak 1,27 juta orang. Penurunan tersebut terjadi akibat dampak pandemi Covid-19.

Kepala BPS Suhariyanto menyebut jumlah wisman pada periode tersebut didominasi asal Timor Leste. "Mengingat wisman dari Timor Leste bisa masuk ke Indonesia lewat jalur darat," ujar Suhariyanto dalam konferensi video, Selasa (2/6).

Menurut kebangsaan, kunjungan wisman Timor Leste tercatat sebanyak 83 ribu pada April. Angka tersebut mencapai 52,2% dari total wisman. Sedangkan,sisanya berasal dari Malaysia sebanyak 62 ribu atau 39%, Singapura 2 ribu atau 1,3%, dan lainnya 12 ribu kunjungan atau 7,5%.

Meski demikian, jumlah kunjungan dari Timor Leste, Malaysia, maupun Singapura tersebut menurun jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, masing-masing 16,2%, 74,65%, dan 98,56%.

(Baca: Jokowi Minta Industri Antisipasi Tren Baru Wisata saat New Normal)

Penurunan persentase paling besar terjadi pada wisman yang datang dari wilayah Afrika yakni 99,41%. Penurunan jumlah turis ini pun berdampak pada sektor pendukung lainnya, "Seperti perdagangan, ekonomi kreatif, hotel, dan transportasi," katanya.

Lebih lanjut, ia  menjelaskan penurunan jumlah wisman terjadi di seluruh pintu masuk. Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang datang melalui pintu masuk udara pada April menurun 99,9% dari 772 ribu menjadi 755 kunjungan.

Persentase penurunan terbesar yakni 100% terjadi di Bandara Husein Sastranegara, Bandara Adisucipto, Bandara Sam Ratulangi, Bandara Minangkabau, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Bandara Supandio, Bandara Hasanuddin, dan Bandara Sultan Badaruddin II.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...