Gojek Dikabarkan Umumkan PHK Karyawan Minggu Ini

Desy Setyowati
23 Juni 2020, 16:16
Gojek Dikabarkan Umumkan PHK Karyawan Minggu Ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi helm Gojek

Perusahaan penyedia layanan on-demand Gojek dikabarkan akan mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) minggu ini. Pengumuman ini tak lama setelah pesaingnya, Grab menyampaikan pemecatan 360 pegawai.

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh Reuters. “Gojek akan mengumumkan PHK minggu ini,” demikian kata sumber yang mengetahui persoalan itu kepada Reuters, Selasa (23/6).

Advertisement

Katadata.co.id sudah mengonfirmasi kabar tersebut kepada Gojek. Namun, belum ada komentar terkait hal itu hingga berita ini diturunkan.

(Baca: Pecat 360 Pegawai, Bos Grab Janji Tak Ada PHK Lagi Tahun Ini)

Sebelumnya, Gojek membantah kabar bakal melakukan PHK karyawan. “Kami tidak berkomentar atas rumor dan spekulasi,” kata Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita kepada Katadata.co.id, Maret lalu (20/3). 

Sedangkan pekan lalu, Grab mengumumkan pemecatan 360 pegawai atau 5% kurang dari total karyawan imbas pandemi corona. Co-Founder sekaligus CEO Grab Anthony Tan berjanji tak akan melakukan PHK lagi hingga akhir tahun ini.

“Saya memastikan bahwa tidak akan ada lagi PHK di organisasi secara menyeluruh pada tahun ini. Saya yakin dengan menjalankan rencana terbaru untuk memenuhi target yang telah ditetapkan, kami tidak akan melalui proses yang menyakitkan ini lagi dalam beberapa waktu mendatang,” kata Tan melalui pesan untuk karyawan, pekan lalu (16/6).

Tan mengaku, perusahaan sudah mencoba segala cara untuk menghindari PHK. Namun, pemecatan tak terhindarkan. “Kami sungguh meminta maaf atas apa yang terjadi hari ini. Kepada mereka yang terkena dampak, kami berutang penjelasan lebih lanjut kepada Anda,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement