Telkom Dikabarkan Segera Buka Blokir Netflix

Pingit Aria
2 Juli 2020, 13:12
Ilustrasi Netflix
123RF.com/Charnsit Ramyarupa

Telkom Group dikabarkan akan mencabut blokir layanan video on demand Netflix pada pekan pertama Juli 2020. Artinya, seluruh pengguna layanan internet Telkom Group, mulai dari Telkomsel hingga Indihome bakal dapat menikmati layanan streaming film tersebut.

Keputusan ini akan mengakhiri blokir Netflix yang dilakukan Telkom pada seluruh layanan internet mereka sejak Januari 2016. "Kita tunggu saja ya. Nanti saatnya akan disampaikan," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, ketika diminta konfirmasi, Kamis (2/6).

Advertisement

Sebelumnya, Telkom memberikan tiga syarat agar Netflix bisa diakses oleh pengguna IndiHome dan Telkomsel, baik melalui situs maupun aplikasi. “ Seluruh mitra penyedia konten yang telah bekerjasama dengan Telkom Group harus bersedia memenuhi aturan yang berlaku dan kesepakatan bersama demi menjamin kenyamanan pelanggan. Hal yang sama kami harapkan dari Netflix," ujarnya.

(Baca: Saingi Netflix hingga IndoXXI, Anak Usaha Gojek Galang Pendanaan)

Ketiga syarat itu adalah terkait kebijakan penangguhan atau take down policy konten. Kemudian, perlindungan terhadap pelanggan. Dan terakhir, pemenuhan atau compliance terhadap aturan yang berlaku di RI termasuk dalah hal sensor.

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia mengatakan bahwa Telkom Group dapat dituntut terkait pemblokiran layanan Netflix. Hal itu bisa dilakukan jika penghentian layanan ini menghambat hak konsumen.

Namun, sejauh ini YLKI belum menerima aduan terkait pemblokiran layanan Netflix oleh Telkom dari konsumen. “Tetapi, kalau kami awasi di media sosial, Netflix jadi percakapan. Misalnya, konsumen merasa tidak adil karena (tayangan) terpotong di tengah jalan,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo dalam acara diskusi 'Polemik Netflix: Antara Bisnis, Regulasi, dan Norma Sosial' di Jakarta, Januari 2020 lalu. 

(Baca: UU Penyiaran Belum Atur YouTube-Netflix, RCTI & iNews Gugat ke MK )

Sedangkan, Head of Communications Netflix Asia Pacific Leigh Wong mengatakan, persoalan antara perusahaannya dengan Telkom bersifat business to business. Ia menegaskan, Netflix akan terus bernegosiasi dengan Telkom Group dan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan perusahaan lain.

Sementara itu, pandemi corona membuat jumlah pelanggan Netflix melonjak 15,8 juta selama triwulan pertama tahun ini. Dengan demikian, total pelanggan Netflix hingga akhir Maret 2020 tercatat mencapai 182,9 juta pelanggan berbayar. Berikut grafiknya:

Di pihak lain, Telkom mencatatkan penurunan kinerja keuangan pada triwulan I 2020. Perusahaan mencatat pendapatan tiga bulan pertama tahun ini hanya Rp 34,19 triliun, turun 1,88% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp 34,84 triliun.

Padahal pendapatan dari bisnis data, internet, dan jasa teknologi informasi hingga akhir Maret 2020 sebesar Rp 19,20 triliun. Angka tersebut tumbuh 3,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 18,52 triliun.

Selain itu, pendapatan perusahaan dari bisnis IndiHome pada triwulan I 2020 mencapai Rp 5,07 triliun. Pendapatan dari sektor bisnis tersebut naik hingga 19,7% dibandingkan dengan triwulan I 2019 sebesar Rp 4,24 triliun.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement