Rencana IPO Anak Usaha Hulu Pertamina Masih dalam Tahap Kajian

Image title
7 Juli 2020, 12:20
ipo pertamina, ipo anak usaha pertamina, ipo subholding pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Pertamina menyatakan rencana IPO anak usaha masih dalam tahap kajian.

Pertamina menyatakan bahwa rencana anak usaha di sektor hulu untuk melantai ke bursa saham melalui skema IPO (initial public offering) masih dalam tahap kajian. Pasalnya, perusahaan pelat merah tersebut masih perlu melalui proses pertimbangan yang matang terlebih dahulu.

"Direktur Utama Pertamina sudah menegaskan dalam beberapa forum RDP bahwa hal ini masih dalam tahap kajian dan tentunya akan melalui pertimbangan yang matang serta proses yang panjang," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman kepada Katadata.co.id, Selasa (7/7).

Menurut dia IPO bukanlah suatu tujuan, melainkan salah satu alternatif cara untuk meningkatkan market capitalization atau kapitalisasi pasar secara cepat. Di samping itu, IPO sebagai cara untuk mendapatkan pendanaan selain melalui strategic partnership maupun melalui mekanisme pendanaan lainnya.

(Baca: Rencana IPO Anak Usaha Pertamina Mendapat Hujan Kritik dari DPR)

"Namun tentunya hal ini baru dapat kita bicarakan apabila transformasi berjalan baik dan sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan kinerja Pertamina," kata dia.

Keinginan Pertamina melepas saham anak usahanya di sektor hulu ke lantai bursa melalui IPO mengundang polemik. Para wakil rakyat di Komisi VII menolak rencana tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...