Inggris Putuskan Setop Teknologi 5G Huawei Secara Penuh pada 2027

Desy Setyowati
14 Juli 2020, 20:19
Inggris Putuskan Setop Teknologi 5G Huawei Secara Penuh pada 2027
123RF.com
Ilustrasi Huawei

Inggris akhirnya memutuskan untuk menyetop penggunaan seluruh jaringan internet generasi kelima (5GHuawei pada 2027. Perusahaan telekomunikasi juga tidak bisa memakai layanan baru milik perusahaan asal Tiongkok itu mulai awal tahun depan.

Sekretaris Negara untuk Departemen Dalam Negeri  di bidang Digital, Budaya, Media dan Olahraga Inggris Oliver Dowden mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan saran dari pakar siber. “Pemerintah memutuskan, perlu melarang Huawei dari proyek jaringan 5G,” kata dia dikutip dari Reuters, Selasa (14/7).

Advertisement

Namun, kebijakan itu berlaku bertahap. Perusahaan telekomunikasi di Inggris tidak bisa menggunakan teknologi maupun layanan baru Huawei mulai awal 2021. Lalu, layanannya disetop seluruhnya pada 2027.

Dowden memastikan bahwa pengembangan 5G di negaranya akan terus berjalan. “Tetapi hanya jika kita memiliki kepercayaan pada keamanan dan ketahanan infrastruktur yang dibangunnya,” kata dia.

(Baca: Diputuskan Hari Ini, Inggris Dikabarkan Setop 5G Huawei Akhir 2020)

Inggris memilih untuk menggunakan layanan 5G dari Nokia, dan Ericsson. Selain itu, pemerintah akan mencari pemasok baru seperti Samsung dan NEC.

Ia mengatakan, kebijakan menyetop layanan 5G Huawei bukan hanya dilakukan oleh Inggris. “Saya pikir, Kanada memiliki analisis serupa dengan kami dan belum mengambil keputusan. Selandia Baru memiliki proses yang sedikit berbeda,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement