Kilang Cilacap Beralih Gunakan LNG Sebagai Bahan Bakar Demi Efisiensi

Image title
9 September 2021, 12:42
kilang cilacap, kilang, pertamina, lng
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Kilang Cilacap.

Kilang Pertamina Internasional (KPI) akan segera membangun terminal liquefied natural gas (LNG) di Kilang Cilacap. Kilang ini akan beralih menggunakan gas LNG sebagai bahan bakar penyulingan minyak sebagai upaya efisiensi biaya.

Pasalnya, kilang ini menggunakan minyak mentah sebagai bahan bakar penyulingan yang mahal. Direktur Utama KPI, Djoko Priyono mengatakan Kilang Cilacap sebagai kilang terbesar dan paling strategis harus selalu untung. Salah satunya dengan efisiensi melalui regasifikasi.

“Pemakaian refinery fuel masih cukup besar dari crude oil. Ini bisa diefisienkan dengan beralih ke gas, karena jelas lebih murah dan bersih,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9).

Menurut dia untuk mewujudkan rencana itu Pertamina sudah sepakat dengan PGN sebagai pemasok gas. Adapun ide ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak tahun 2018. Dengan kesepakatan yang sudah terjalin dengan PGN, proyek ini ditargetkan onstream pada 2023.

Selain sebagai bahan bakar kilang, nantinya gas juga bisa digunakan untuk unit-unit yang membutuhkan. "Karena Cilacap tidak memiliki sumber gas, dalam pengolahannya selama ini mengandalkan fuel oil dan gas dari kilang. Nantinya fuel oil bisa dikonversikan ke BBM menjadi produk yang lebih bernilai,” katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...