Listrik Terancam Padam, PLN Masih Butuh Pasokan 1,9 Juta Ton Batu Bara

Happy Fajrian
3 Januari 2022, 21:46
pln, batu bara, pltu, listrik, pembangkit listrik
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.

PT PLN (Persero) telah mendapatkan pasokan batu bara sebanyak 3,2 juta ton dari total kebutuhan 5,1 juta ton untuk kebutuhan bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) pada Januari 2022.

Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi mengatakan PLN terus berupaya memastikan terpenuhinya pasokan batu bara untuk pembangkit listrik demi menjaga keandalan listrik dan melindungi kepentingan nasional.

"Tambahan komitmen pasokan batu bara ini didapat dari para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK)," ujarnya di Jakarta, Senin (3/1).

Dengan kondisi pasokan yang belum sepenuhnya aman, PLN akan memprioritaskan penyaluran batu bara bagi pembangkit-pembangkit listrik dengan level hari operasinya rendah.

Pengiriman dan pembongkaran batu bara yang dilakukan PLN telah dilakukan dengan cepat, efisien, dan efektif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Agung mengungkapkan masa kritis ini belum terlewati, karena itu PLN mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki dan menjalin koordinasi dengan Kementerian ESDM serta para pemangku kepentingan lainnya yang terkait rantai pasok batu bara.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...