Belajar dari Vietnam, PLN Hati-hati Atur PLTS Cegah Oversupply Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
6 April 2023, 17:27
PLTS di Wilayah Kerja Rokan.
Pertamina Hulu Rokan
PLTS di Wilayah Kerja Rokan.

PT PLN sedang merumuskan strategi pengaturan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). PLN tak ingin PLTS menambah kelebihan pasokan atau oversupply listrik pada sistem jaringan perseoran.

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN, Evy Haryadi, menyampaikan bahwa perusahaan mendukung penggunaan PLTS atap untuk konsomsi pribadi tanpa harus mengekspor kelebihan listrik kepada PLN. Sebab ketika para konsumen PLTS atap mengekspor hasil listrik mereka ke PLN, maka akan menimbulkan berbagai masalah secara power system.

"Kalau transmisi tidak cukup, beban tidak bisa diserap secara lokal, ya harus dikirim ke tempat lain. Ketika dikirim ke tempat lain itu tergantung kondisi transmisinya," kata Evy saat wawancara dengan Katadata bersama Majalah Tempo dan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Langkah PLN untuk mengendalikan instalasi PLTS atap banyak mendapat pembelajaran dari Vietnam yang mengalami penurunan permintaan listrik imbas pemasangan PLTS atap dengan insentif feed in tariff tanpa melihat dampak yang muncul.

Melalui skema feed ini tariff, Vietnam Electricity (EVN), perusahaan seterum negara itu, juga diperintahkan untuk membeli listrik dari pembangkit-pembangkit solar swasta, termasuk surya atap atau roof top, dengan harga tinggi. Namun, kebijakan tersebut berdampak pada suplai listrik yang berlebih. EVN mengalami kondisi kelebihan pasokan yang persis sama dengan PLN di Jawa-Bali.

Vietnam membeli feed in tariff 9,2 sen untuk pembangkit angin dan 9,8 sen untuk pembangkit solar. Satu-satunya dukungan pemerintah lewat kebijakan kenaikan tarif sudah tak diberikan sejak tiga tahun terakhir.

Untuk mengatasi masalah tersebut, EVN melakukan langkah-langkah independen korporasi. Seperti menghapus kewajiban perusahaan untuk membayar ekspor listrik ke EVN. "Lalu sudah ada draf PDP 8. Di situ, mereka menyetop selama transisi ini tidak membangun pembangkit solar. PLTS atap juga dibatasi," ujar Evy.

Evy menyampaikan bahwa pemerintah sempat ingin mengadopsi regulasi feed in PLTS atap milik Vietnam. Selain itu, pemerintah juga pernah berencana untuk memasukan net meterring di PV rooftop lewat regulasi peraturan presiden. "Dulu ingin ditiru oleh pemerintah kita. Bahkan, kita lebih agresif lagi. Kalau pemerintah Vietnam hanya menerima ekspor, kita malah memberikan storage-nya," kata Evy.

Evy menjelaskan, jika pemerintah memaksa PLN untuk menerima storage, artinya pelanggan benar-benar tidak membutuh baterai sebagai penyimpan energi listrik untuk malam hari. Pelanggan dapat menumpang di infrastruktur PLN tanpa bayar sama sekali. "Kalau EVN hanya kehilangan revenue-nya di siang, malam masih beli dari EVN. Itu pun mereka sudah bleeding," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...