PLN Pastikan Pasokan Listrik Nasional Aman pada Idul Adha 1444 H

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
29 Juni 2023, 12:01
Pasokan listrik dari pembangkit PLN pada Idul Adha dalam posisi aman, demikian pula pasokan BBM untuk pembangkit.
PLN
Pasokan batu bara ke pembangkit pada Idul Adha dalam posisi aman, demikian pula pasokan BBM untuk pembangkit.

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik nasional aman pada hari raya Idul Adha 1444 hijriah. Beban puncak listrik nasional pada 29 Juni 2023 mencapai 35,7 gigawatt (GW), sedangkan daya yang mampu disediakan sebesar 44,5 GW, terdapat cadangan sebesar 8,8 GW.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan kapasitas kelistrikan nasional saat ini dalam posisi aman, terjaga dan juga prima. Terlebih, selama momen cuti bersama Idul Adha 2023 tidak ada pemeliharaan sehingga dipastikan pasokan listrik berlangsung andal.

“Secara nasional kami sampaikan bahwa sistem kelistrikan dalam kondisi yang terjaga dan aman. Sehingga, masyarakat bisa nyaman merayakan Idul Adha dan berkumpul bersama keluarga,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya, Kamis (29/6).

Pasokan listrik yang andal dan aman didukung pasokan energi primer yang terjamin. Secara end to end, imbuh Darmawan, pasokan energi primer saat ini berada di atas angka aman untuk setiap pembangkit listrik milik PLN.

Pasokan batu bara ke pembangkit pada Idul Adha ini pun dalam posisi aman, dengan Hari Operasi Pembangkit (HOP) rata-rata mencapai 28 hari. Perinciannya a.l. HOP pembangkit di regional Jawa, Madura, dan Bali rata-rata mencapai 25,7 hari. Di Sumatra dan Kalimantan mencapai 25,1 hari. Untuk Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua HOP bahkan bisa mencapai 33 hari.

Tak hanya batu bara, PLN juga sudah memastikan pasokan BBM untuk pembangkit. Saat ini, stok BBM di pembangkit PLN mencapai 289,9 ribu kiloliter. Sedangkan untuk gas mencapai 34.304 BBTU.

“Kami telah dan terus memastikan seluruh lini proses bisnis berjalan dengan baik. Semua unit, subholding serta anak perusahaan bekerja menjaga keandalan listrik agar masyarakat nyaman dalam menjalankan aktivitas pada libur Idul Adha 1.444 H,” ujar Darmawan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...