PGN Garap Proyek Pengolahan Limbah CPO Jadi Biometana Senilai Rp 300 M

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Juli 2023, 08:57
Pekerja menunjukkan kelapa sawit di Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (29/4/2023). Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat stok minyak sawit per bulan Februari 2023 sebanyak 2,63 juta ton atau menyusut dari posisi
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Pekerja menunjukkan kelapa sawit di Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (29/4/2023). Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat stok minyak sawit per bulan Februari 2023 sebanyak 2,63 juta ton atau menyusut dari posisi Januari 2023 sebesar 3,09 juta ton.

PT Perusahaan Gas Negara atau PGN membuka peluang kerja sama pengolahan minyak sawit atau CPO menjadi biometana melalui proyek Biomethane Plant Development di Sumatera. PGN menawarkan 3 sampai 4 proyek dengan nilai total biaya US$ 20 juta atau sekira Rp 300,2 miliar.

Masing-masing proyek menelan biaya US$ 4 juta hingga US$ 5 juta.  Penawaran kolaborasi proyek strategis ini dilakukan saat pagelaran Pertamina Investor Day 2023 yang diselenggarakan tanggal 3-4 Juli di Grha Pertamina, Jakarta.  

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Harry Budi Sidharta, menyampaikan kapasitas produksi biometana dapat menyentuh angka 432.000 mmBtu per tahun. Proyek Biomethane Plant Development akan memungkinkan pengangkutan biometana dari Sumatera ke offtaker potensial di area Jawa dan Sumatera dengan menggunakan jaringan pipa gas.

Menurut Harry, pemanfaatan biometana berpotensi untuk menggantikan bahan bakar minyak yang berasal dari fosil, sekaligus mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah cair tersebut. Selain itu, proyek ini juga merupakan diversifikasi bisnis PGN dengan menghasilkan biometana sebagai energi bersih.

“Proyek ini akan berlokasi di Sumatera, daerah sebagian besar perkebunan kelapa sawit berada. PGN memiliki pipa gas transmisi di Sumatera,” kata Harry saat memberikan paparan di Pertamina Investor Day 2023, dikutip dari siaran pers pada Rabu (5/7).

Memiliki karakteristik yang mirip dengan gas bumi, biometana juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan, generator listrik dan pemanas.  Proses ekstraksi minyak sawit mentah menghasilkan Palm Oil Mill Effluent (POME) dengan jumlah 0,5 – 0,75 m3 per ton.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...