Harga Minyak Naik Lebih 5% Sepekan Dipicu Rencana Arab Saudi dan Rusia

Happy Fajrian
9 Juli 2023, 14:09
harga minyak, rusia, arab saudi,
ANTARA FOTO/REUTERS/Ben Job
Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman berbicara pada Komite Pemantauan Menteri gabungan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (12/9/2019).

Harga minyak naik hampir 3% pada perdagangan akhir pekan dengan Brent berakhir pada US$ 78,47 per barel dan West Texas Intemediate (WTI) US$ 73,86 per barel. Dengan demikian dua harga minyak acuan global menutup perdagangan sepekan dengan kenaikan lebih dari 5%.

Lonjakan harga minyak dipicu oleh kekhawatiran pasar atas kondisi pasokan setelah Arab Saudi mengumumkan perpanjangan masa pemangkasan produksi 1 juta barel per hari (bph) hingga Agustus. Senada, Rusia juga memperpanjang masa pemotongan ekspor dan juga produksi masing-masing 500 ribu bph.

“Reli selama seminggu terakhir ini cukup kuat dan didukung oleh momentum serta pemangkasan baru dari Arab Saudi dan Rusia,” kata analis pasar senior di OANDA, Craig Erlam, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (9/7).

Setelah dua bulan konsolidasi harga antara sekitar US$ 73-77 per barel, Brent pindah ke wilayah overbought secara teknis untuk pertama kalinya sejak pertengahan April.

Eksportir minyak utama Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pengurangan produksi baru minggu ini sehingga total pengurangan oleh OPEC+ menjadi sekitar 5 juta bph, atau sekitar 5% dari permintaan minyak global.

“Pemotongan produksi OPEC+ diperkirakan akan memperketat pasar, mendorong defisit pasokan pada paruh kedua tahun 2023, mendukung harga minyak yang lebih tinggi,” kata analis di perusahaan jasa keuangan AS Morningstar dalam sebuah catatan.

OPEC kemungkinan akan mempertahankan pandangan optimis pada pertumbuhan permintaan minyak untuk tahun depan, kata sumber yang dekat dengan OPEC.

“Janji terbaru Rusia untuk mengurangi ekspor minyak tidak akan memerlukan pengurangan produksi yang serupa,” kata sumber pemerintah Rusia terkait pengurangan ekspor 500 ribu bph.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...