Ini Jawaban Pertamina Soal Keluhan Pengusaha Pertashop

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Juli 2023, 17:29
Pertamina
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.
Pengendara sepeda motor antre untuk mengisi BBM pada unit Pertashop di Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

PT Pertamina menegaskan bisnis kemitraan Pertamina Shop atau Pertashop berfokus pada distribusi produk BBM non-subsidi Pertamax hingga produk lain, seperti bright gas dan pelumas.

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi usulan pengusaha Pertashop yang meminta Pertamina untuk mengizinkan akses penjualan produk elpiji tabung 3 kilogram bersubsidi hingga BBM Pertalite RON 90 dengan harga non-subsidi.

Juru Bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan pihaknya mengapresiasi usulan pengusaha Pertashop. Meski begitu, dia mengatakan penjualan BBM bersubsidi, seperti pertalite dan elpiji 3 kg, diatur secara ketat oleh negara. Tujuannya, agar alokasi distribusi kuota tahunan dapat tepat sasaran.

"Kewenangan energi bersubsidi ada di pemerintah, maka kami akan lihat bagaimana ke depan karena harus dikoordinasikan juga dengan regulator," kata Fadjar lewat pesan singkat pada Selasa (11/7).

Fadjar menjelaskan pembangunan Pertashop bertujuan untuk memberi kemudahan akses kepada masyarakat di desa untuk mendapat BBM dengan harga jual relatif sama di pelosok daerah.

“Pertashop bisa memudahkan masyarakat dan lebih hemat karena masyarakat tidak perlu jauh ke kota untuk membeli BBM,” ujar Fadjar.

Narasi mengenai usulan Pertashop untuk menjual Pertalite dan elpiji 3 kg digaungkan oleh mitra usaha Pertashop, yakni Paguyuban Pengusaha Pertashop Jawa Tengah dan Yogyakarta dan Himpunan Pertashop Merah Putih Indonesia (HPMPI).

Menurut mereka, kedua usulan kebijakan itu dapat menyelamatkan kinerja bisnis Pertashop yang sedang merosot, imbas maraknya penjual Pertalite eceran dan disparitas harga jual Pertamax dan Pertalite yang mencapai Rp 2.500 sampai Rp 2.800 per liter.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...