SPBU BP Setop Jual BBM RON 90 Setara Pertalite per 1 Agustus 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
12 September 2023, 17:20
BBM
Istimewa
Pembukaan site DODO baru BP AKR di Gunung Putri (28/2/2023). SPBU ini memiliki dispenser bahan bakar dan penyimpanannya berbentuk movable containers dengan semua fitur lain yang mirip dengan SPBU biasa. Dapat didesain ulang juga untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listri Umum (SPKLU) Charging Station di masa depan.

Penyedia bahan bakar minyak (BBM) swasta BP menghentikan distribusi BBM jenis BP 90 sejak 1 Agustus 2023. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) BP yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur.

Saat ini,  produk bahan bakar yang ditawarkan di seluruh jaringan SPBU BP adalah BP Ultimate, BP 92 dan BP Diesel.

Presiden Direktur BP-AKR Vanda Laura menjelaskan penghentian distribusi BP 90 merupakan wujud komitmen perusahaan dalam upaya mendukung kualitas udara yang lebih baik.

“Per tanggal 1 Agustus 2023,  BP-AKR  tidak lagi menyediakan dan menjual bahan bakar BP 90 di semua SPBU BP di wilayah Jabodetabek maupun Jawa Timur,” ujar Vanda lewat pesan singkat pada Selasa (12/9).

Keputusan BP untuk menghentikan penjualan pada produk BBM BP 90 turut mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O. Regulasi tersebut mengamanatkan kendaraan yang diproduksi sejak Oktober 2018, tidak lagi menggunakan bensin dengan oktan di bawah 91. 

“BP-AKR  senantiasa berkomitmen dalam menghadirkan bahan bakar berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung mobilitas harian para pengendara di Indonesia,” ujar Vanda.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...