ESDM: 5 Perusahaan Berminat Kelola Blok Tuna Gantikan Zarubezhneft

Mela Syaharani
16 Oktober 2023, 14:55
 blok tuna, kementerian esdm, migas,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas.

Kementerian ESDM menyampaikan sudah ada lima kandidat pengganti perusahaan migas asal Rusia, Zarubezhneft, dalam menggarap pengembangan Blok Tuna.

Melalui anak usahanya, ZN Asia Limited, Zarubezhneft telah mendapatkan izin pengajuan buka data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai langkah awal untuk melepas 50% hak partisipasi di Blok Tuna.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan hingga saat ini sudah ada beberapa pihak yang mendaftar sebagai pengganti Zarubezhneft dalam rencana pengembangan blok tersebut. “Sisa ada empat sampai lima,” kata Tutuka saat ditemui Katadata.co.id di Kementerian ESDM pada Senin (16/10).

Sebagai informasi, Zarubezhneft merupakan perusahaan migas asal Rusia yang memiliki peran sebagai salah satu pemegang hak kelola Blok Tuna bersama Premier Oil Tuna BV yang masing-masing menggenggam 50% hak partisipasi.

Terkait nama pengganti Zarubezhneft di Blok Tuna, Tutuka mengatakan dirinya tidak bisa menyampaikan hal tersebut karena bersifat Business to Business (B to B).

Kendati demikian, pengganti Zarubezhneft ini merupakan perusahaan yang dianggapnya cukup kompeten baik dari segi finansial maupun teknis. “Ada dari dalam, ada dari luar negeri,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...