Tangguh Train 3 Beroperasi Komersial, Kirim Kargo LNG Pertama ke PLN

Mela Syaharani
19 Oktober 2023, 14:21
tangguh train III, tangguh lng, lng
bp
Tangguh LNG.

Kilang gas alam cair (LNG) Tangguh Train 3 di Papua Barat mulai beroperasi secara komersial. Kilang ini baru saja mengirim kargo LNG pertamanya kepada PLN.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa mulai beroperasinya kilang LNG ini secara komersial merupakan capaian kemajuan yang luar biasa dari sebuah proyek strategi nasional yang besar.

"Pengapalan pertama kargo LNG ke PLN ini juga memberikan sinyal positif terhadap daya serap gas dalam negeri yang akan digunakan untuk menjawab tantangan energi Indonesia”, kata Dwi dalam keterangan resminya yang dikutip pada Kamis (19/10).

Pengiriman ini menandai dimulainya operasi komersil dari kilang Tangguh Train 3. Kargo LNG pertama ini sedang melakukan perjalanan menuju fasilitas regasifikasi PLN di Arun, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Dimulainya operasi Tangguh Train 3 ini akan menambah produksi LNG sebanyak 3,8 juta ton. Bahkan secara tahunan, jumlah produksinya menyentuh angka 11,4 juta ton.

Dwi mengatakan bahwa Tangguh merupakan produsen LNG terbesar di Indonesia, kilang ini berkontribusi signifikan dalam pencapaian target produksi gas nasional sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) pada 2030.

“Tangguh akan memegang peranan penting dalam menjawab kebutuhan energi gas di Indonesia yang terus bertambah. Total produksi gas dari Tangguh kini mencapai lebih dari sepertiga produksi gas nasional,” ucap Dwi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...