Sentimen Timur Tengah Mereda, Harga Minyak Turun WTI Sentuh US$ 80

Happy Fajrian
1 November 2023, 08:08
harga minyak, konflik timur tengah, konflik israel palestina, hamas
Katadata

Harga minyak terus turun pada Selasa (31/10) karena meredanya kekhawatiran pasar terhadap potensi gangguan pasokan akibat konflik Timur Tengah antara Israel dan Hamas di Palestina. Harga juga tertekan data peningkatan produksi dari OPEC dan Amerika Serikat (AS).

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember ditutup turun tipis 4 sen ke US$ 87,41 oer barel. Sedangkan kontrak Januari yang lebih banyak diperdagangkan turun US$ 1,33 atau 1,4% menjadu US$ 85,02 per barel.

Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk penurunan Desember turun US$ 1,29 atau 1,6% menjadi US$ 81,02 per barel, sedangkan untuk pengiriman Januari turun US$ 1,18 menjadi US$ 80,50 per barel.

Produksi minyak mentah OPEC naik 180.000 barel per hari (bph) pada Oktober, menurut survei Reuters, terutama didorong oleh Nigeria dan Angola. “Kami telah menghilangkan sebagian biaya perang dari harga,” kata analis Price Futures Group, Phil Flynn seperti dikutip Reuters, Rabu (1/11).

Sedangkan data Badan Informasi Energi (EIA) AS mengumumkan produksi lapangan minyak mentah AS juga naik ke rekor bulanan baru pada bulan Agustus sebesar 13,05 juta bph.

Data aktivitas manufaktur dan non-manufaktur yang lebih lemah dari perkiraan di Cina memicu kekhawatiran akan melambatnya permintaan bahan bakar dari konsumen minyak nomor dua dunia tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...