Smelter Baru Jadi Syarat Perpanjangan Kontrak Freeport hingga 2061

Mela Syaharani
17 November 2023, 15:53
freeport, smelter
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (kedua kanan) meninjau pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

PT Freeport Indonesia (PTFI) berencana membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) baru di Fakfak, Papua sebagai salah satu bagian dari perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) setelah kontrak 2041 berakhir.

Menteri ESDM Arifin Tasrif membenarkan terkait rencana pembangunan smelter di Fakfak. “Ini kan perpanjangan mulai dari 2041, namun kita minta secepatnya,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (17/11).

Arifin menyebut perlu banyak hal yang dipersiapkan PTFI dalam membangun smelter ini. Mulai dari penghitungan balance supply, kecukupan pasokan bijih, kemudian kelebihan pasokan bijih yang nantinya akan dibawa ke dalam kawasan industri di Fakfak.

“Di Fakfak ini kami mau groundbreaking pabrik pupuk, nanti di situ ada komplek industri yang banyak. Ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelas Arifin.

Mengenai kawasan industri ini, Arifin menyebut infrastruktur disana akan dibangun oleh pemerintah. “Nanti kami siapkan infrastruktur supaya industri bisa masuk, dalam industri masuk dengan segala macamnya, tentu saja cost-nya akan kompetitif,” kata dia.

Sebelumnya, kabar pembangunan smelter di Fakfak Papua ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir.

“Hal-hal ini sangat positif untuk terus meningkatkan investasi dari luar negeri untuk pembukaan lapangan kerja di Indonesia sendiri seperti yang dicita-citakan oleh bapak presiden,” kata Erick selepas mendampingi Presiden Joko Widodo di Washington DC yang dikutip pada Selasa (14/11).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...