Jokowi Temui Bos Freeport McMoran di AS, Bahas Divestasi 10% Saham

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 11:02
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima Chairman Freeport McMoRan Richard Adkerson di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023).
ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima Chairman Freeport McMoRan Richard Adkerson di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Senin (13/11) waktu setempat. Pertemuan tersebut merupakan salah satu agenda kunjungan kerja Jokowi di AS.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyambut baik pembahasan mengenai penambahan porsi saham pemerintah di Freeport Indonesia hingga perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.

“Saya senang mendengar pembahasan penambahan 10% saham pemerintah di Freeport Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah capai tahap akhir,” kata Jokowi kepada Ricard Adkerson, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet, pada Selasa (14/11). Jokowi berharap agar hal tersebut dapat diselesaikan pada akhir November tahun ini.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Selain itu, juga hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Dalam keterangan terpisah usai pertemuan, Erick Thohir menjelaskan bahwa dalam pertemuan antara pemerintah dengan Freeport McMoRan tersebut membahas mengenai hilirisasi yang dilakukan oleh Freeport.

Erick menyebut bahwa saat ini Freeport sudah tidak hanya melakukan kegiatan penambangan emas dan tembaga, melainkan telah membangun smelter di Gresik, Jawa Timur untuk mengolahnya menjadi beragam produk turunan. Oleh karenanya, Erick menyebut bahwa hal tersebut yang mendasari pemerintah untuk terus mendorong investasi AS di Indonesia, salah satunya dari Freeport McMoRan. “Yang kebetulan kita BUMN sudah menguasai 51%,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Freeport McMoran pun tampak menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter lainnya di lokasi lain di Indonesia, di antaranya di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. “Freeport punya komitmen membangun juga smelter di Fakfak, Papua,” kata Erick.

Narasi mengenai divestasi atau pelepasan tambahan 10% saham milik Freeport-McMoran di PT Freeport Indonesia (PTFI) kepada pemerintah telah menguat sejak awal tahun ini. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan proses divestasi akan dieksekusi pada 2041 mendatang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...