Gaet PGN, Pertamina Kejar Pembangunan 633 Ribu Jaringan Gas Kota 2024

Ferrika Lukmana Sari
6 Januari 2024, 14:32
Pertamina
Pertamina
Penguatan kerja sama PGN-Patra Jasa melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Sales dan Operasi PGN Ratih Esti Prihatini dan Direktur Properti PT Patra Jasa Whisnu Bahriansyah di Graha Pertamina Jumat (5/1).
Button AI Summarize

Pertamina Holding mendorong Subholding Gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Patra Jasa meningkatkan kerja sama untuk percepat target pembangunan 633.930 SR Jaringan Gas Kota (Jargas) di tahun 2024.

Penguatan kerja sama PGN-Patra Jasa dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Sales dan Operasi PGN Ratih Esti Prihatini dan Direktur Properti Patra Jasa Whisnu Bahriansyah di Graha Pertamina Jumat (5/1).

Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution mengatakan proyek Jargas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai PerPres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024.

Alfian melanjutkan, bahwa progres konstruksi Jargas Mandiri dari tahun 2021 – sampai saat ini baru sekitar 290.400 SR. Masalah keekonomian dan perizinan masih menjadi kendala dalam proyek Jargas

"MoU ini diharapkan dapat menjadi salah satu milestone kerja sama antara PGN dan Patra Jasa yang memberikan manfaat bagi keduanya dan juga Pertamina secara konsolidasi,” ujar Alfian dalam keterangan resmi, Sabtu (6/1).

Dimonitor oleh Kementerian BUMN

Selain itu, proyek Jargas Jabodetabek menjadi proyek prioritas dari Pertamina yang dimonitor oleh Kementerian BUMN. Jabodetabek misalnya, ditargetkan untuk skema kerja sama dengan pengembang.

“Direktorat Logistik & Infrastruktur dari Holding berperan sebagai integrator melihat adanya potensi besar sinergi antar Subholding dan Anak Perusahaan untuk mendukung pencapaian Jargas khususnya di aset-aset properti Patra Jasa, dengan adanya Jargas, diharapkan dapat mengurangi impor LPG subsidi yang nilainya cukup besar,” ujar Alfian.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...