Sekjen DEN Sebut 4 Cara untuk Menaikkan Kinerja Lifting Minyak

Mela Syaharani
10 Januari 2024, 14:04
lifting migas, lifting minyak, dewan energi nasional,
SKK Migas
SKK Migas setujui POD EOR Steamflood Lapangan Rantaubais Tahap-1.
Button AI Summarize

Produksi minyak Indonesia saat ini berada di bawah 600 ribu barel per hari (bph). Pemerintah mematok target lifting minyak pada 2030 mencapai 1 juta bph, sedangkan kinerja lifting terus turun dalam beberapa tahun terakhir.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (Sekjen DEN) Djoko Siswanto mengatakan bahwa untuk mencapai target tersebut tidak dapat menggunakan strategi business as usual yang saat ini banyak digunakan, melainkan juga harus menggenjot eksplorasi, enhance oil recovery, dan meningkatkan reserve to production (RtoP).

Business as usual tidak dapat meningkatkan jumlah produksi. Karena bisnesss as usual itu kita tahu semua bahwa produksi akan terus menurun, apapun yang dilakukan,” kata Djoko dalam Energy Corner CNBC Indonesia pada Selasa (10/1).

Selain hanya mengandalkan business as usual, Djoko menyebut kendala naiknya produksi minyak juga dikarenakan tidak berproduksinya lapangan-lapangan migas yang sudah ditemukan. “Ini kendalanya juga berkaitan dengan masalah keekonomian baik dari EOR maupun RtoP. Perlu diberikan insentif oleh negara,” ujarnya.

Dia menyebut, negara sudah menyediakan anggaran melalui production sharing contract agreement (PSC) mencapai US$ 2,5 miliar. “Dari jumlah tersebut, US$ 400 juta sudah digunakan oleh Pertamina untuk eksplorasi di lepas pantai. Masih ada sekitar US$ 2 miliar yang bisa kita gunakan untuk eksplorasi,” kata dia.

Menurut Djoko pemaksimalan empat cara tersebut secara bersamaan akan dapat menaikkan produksi minyak. “Memang harus dilakukan bersama-sama kalau hanya satu cara saja ya nggak bisa naik,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...