Profil Blok SK510 Malaysia, Lelangnya Berhasil Dimenangkan Pertamina

Mela Syaharani
24 Januari 2024, 14:01
Pertamina, Blok SK510, Petronas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi blok migas.
Button AI Summarize

PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) bersama mitranya berhasil memenangkan lelang blok migas eksplorasi SK510 melalui Malaysia Bid Round (MBR) 2023. 

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Danar Dojoadhi mengatakan langkah ini untuk mencapai target pertumbuhan migas perusahaan.  “Perluasan wilayah kerja (WK) melalui blok eksplorasi baru, baik domestik maupun internasional, sangat penting untuk menjaga keberlanjutan sumber daya energi fosil,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/1). 

Sebagai informasi, MBR adalah serangkaian kegiatan lelang yang diadakan setiap tahun oleh Malaysia Petroleum Management (MPM) Petronas. Badan ini  bertanggung jawab atas sumber daya minyak dan gas di Malaysia.

Profil Blok SK510

Blok SK510 merupakan blok migas yang berada di perairan dangkal hingga laut dalam di lepas pantai Sarawak, Malaysia. Luasnya mencapai 1.864 kilometer persegi. 

Melansir pedoman penawaran MBR yang dipublikasikan pada Mei 2023, Blok SK510 mencakup beberapa wilayah Luconia Tengah dan Delta Baram. Dua wilayah ini dikenal sebagai bagian dari provinsi Sarawak yang memiliki cadangan migas.

Petronas menulis, berkat dua temuan baru dalam wilayah ini, membuat Blok SK510 dinamai Lapangan Besar Lang Lebah. Nah, pada Lapangan Lang Lebah-2 di kedalaman 600 meter terdapat temuan gas. Kemudian, pada Lapangan Paprika-1 didapati hidrokarbon di batu pasir laut dangkal. Penemuan-penemuan tersebut dikelilingi oleh cincin di dalam area penampungan gas.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...