Jokowi Sepakati Perluasan Investasi Migas Pertamina di Tanzania

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Januari 2024, 15:38
jokowi, pertamina, tanzania
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu PM Tanzania Samia Suluhu Hassan di Istana Bogor, Jawa Barat Kamis (25/1). Foto: Antara
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyepakati penguatan kerja sama investasi sektor energi dengan Pemerintah Tanzania. Kedua negara berkomitmen untuk menguatkan kerja sama di bidang minyak dan gas (Migas).

Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan Jokowi dengan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan di Istana Bogor pada Kamis (25/1). Jokowi mengatakan, PT Pertamina telah memperluas kerja sama dengan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) di blok migas Mnazi Bay.

"Pertamina telah memperluas kerja sama di Mnazi Bay, serta pelatihan pegawai TPDC juga sudah dimulai," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (25/1).

Kawasan Pengembangan Mnazi Bay terletak di daratan Mtwara, Tanzania Selatan, sekitar 410 kilometer ke selatan dari Dar es Salaam. Wilayah ini mencakup area seluas 756 kilometer persegi.

PT Pertamina telah mendapatkan konsesi pengembangan Blok Mnazi Bay lewat subholding Upstream PT Pertamina Internasional Eksplorasi Produksi (PIEP) yang telah menyelesaikan proses akuisisi Maurel & Prom S.A. (M&P), anak usaha Wentworth Resources Plc (Wentworth). Kedua pihak menyepakati partisipasi pengelolaan Mnazi Bay bersama TPDC pada 5 Desember 2022 lalu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...