Profil Chalid Said Salim, Dirut Baru Pertamina Hulu Energi

Mela Syaharani
22 Februari 2024, 17:39
pertamina hulu energi, pertamina, phe,
Dok. Pertamina
Button AI Summarize

Pertamina (Persero) melakukan perubahan jajaran direksi pada anak perusahaan dan subholding. Dalam perubahan jajaran direksi ini, Pertamina salah satunya mengangkat Chalid Said Salim sebagai Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE).

"Pergantian direksi merupakan hal biasa dalam perusahaan. Hal ini merupakan upaya penyegaran di lingkup subholding dan anak perusahaan dan diharapkan akan meningkatkan kinerja Pertamina Group," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dikutip dari siaran pers pada Rabu (21/2).

Melansir laman resmi Pertamina, Chalid Said Salim merupakan lulusan sarjana teknik pertambangan Universitas Brawijaya pada 1990. Setelah lulus dari pendidikannya, Chalid mulai membangun karirnya di Pertamina.

Pria kelahiran Palembang pada 1965 ini pernah menjabat sebagai General Manager Asset 5 – Pertamina EP pada periode 2015-2017. Sebelumnya Chalid juga pernah menjabat sebagai Limau Field Manager Asset 2, Production and Operation Pertamina EP pada 2013.

Chalid kemudian ditunjuk sebagai Direktur Produksi dan Operasi Pertamina EP pada 2017-2020. Setelah menduduki kursi direktur produksi, Chalid kemudian memegang jabatan sebagai Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sejak 2020-2023. Posisi ini menjadi jabatan perdananya sebagai direktur utama di Pertamina Group.

Penunjukkan Chalid sebagai Direktur Utama PHI ditetapkan melalui Keputusan Pemegang saham tertanggal 13 Juni 2020 tentang Pemberhentian Direksi, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Direksi.

PHI merupakan salah satu entitas perusahaan Sub Holding Upstream Pertamina, PHI mengelola aset-aset hulu migas yang berada di Regional 3 Kalimantan.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...